Razia Lapas Sampit, Ini Temuan Satgas Kamtib Kanwil Kalteng

Share:

Sampit, INFO_PAS – Tim Satuan Tugas (Satgas) Keamanan dan Ketertiban (Kamtib) Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Tengah melakukan monitoring dan evaluasi ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sampit, Rabu (10/4). Kegiatan tersebut dilakukan untuk menciptakan suasana lapas yang aman dan kondusif serta memberikan pelayanan dan pembinana terbaik baik Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP).

Dipimpin oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadiv PAS) Kalimantan Tengah, Hanibal, tim disambut oleh Kepala Lapas Sampit, Agus Dwirijanto, beserta jajarannya. Kadiv PAS dan rombongan pun tak luput dari pemeriksaan petugas Penjaga Pintu Utama karena berdasarkan SOP kunjungan siapa saja yang berkunjung ke lapas wajib dilakukan penggeledahan untuk mencegah barang-barang terlarang masuk ke dalam lapas.

Selanjutnya, Kadiv PAS meminta jajaran Lapas Sampit agar bekerja sama dengan Tim Satgas Kamtib melakukan razia insidentil ke blok yang dianggap rawan dan disinyalir bisa membuat suasana lapas menjadi tidak aman. Hanibal juga memberikan pembinaan kepada pejabat dan petugas dapur Lapas Sampit agar pelayanan kebutuhan makanan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) bisa optimal dan sesuai dengan standar menu yang sudah ditetapkan.

Pada kegiatan razia, Kepala Bidang (Kabid) Keamanan, Arief Gunawan, didampingi Kabid Pembinaan, Jevius J. Shiathen, membagi Tim Satgas Kamtib menjadi dua kelompok untuk melakukan penggeledahan ke dalam blok narkoba yang ditargetkan menjadi sasaran target penggeledahan, baik blok narkoba laki-laki maupun blok perempuan.

razia di Lapas Sampit

Penggeladahan yang dilakukan hampir tiga jam itu berjalan aman, tertib, dan lancar tanpa ada kendala apapun. Arahan petugas sebelum melakukan penggeledahan disambut kerja sama yang baik oleh para WBP sehingga dalam melakukan penggeledahan, baik badan, kamar, dan lingkungan blok berjalan lancar tanpa ada perlawanan.

Dari penggeledahan yang dilakukan, tidak ditemukan handphone, narkoba, ataupun alat hisap dan lainnya, namun tim tetap menyita barang-barang yang tidak seharusnya ada di dalam kamar seperti sendok, gunting, kabel roll, charger, alat cukur, kartu remi, dan domino.

Selain itu, petugas juga menemukan beberapa WBP yang memakai perhiasan emas dan disarankan menitipkannya kepada petugas dengan dicatat namanya. Disarankan apabila ada keluarga yang bersangkutan datang membesuk agar perhiasan tersebut dibawa pulang oleh keluarganya demi keamanan. Hasil penggeledahan tersebut juga buatkan berita acara sebagai bahan pembuatan laporan untuk selanjutnya barang-barang temuan akan dimusnahkan.

Selanjutnya, tim melaksanakan pengawasan terhadap dapur lapas dimana Kabid Keamana, Arief Gunawan, memberikan pembinaan kepala pejabat dan petugas yang menangani dapur lapas. “Kami minta pelayanan menu yang diberikan lapas kepada WBP memenuhi standar sesuai dengan menu dalam surat edaran Direktorat Jenderal Pemasyarakatan,” pintanya.

Selain itu, petugas dapur lapas juga wajib membukukan penerimaan bahan makanan yang ada setiap harinya sehingga administrasi pelaporan lengkap dan apabila ada pemeriksaan maka tidak akan terjadi temuan.

 

 

Kontributor: Kanwil Kalteng

Razia Lapas Sampit, Ini Temuan Satgas Kamtib Kanwil Kalteng | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya