Rupbasan Bandung Teken MoU Dengan KPP Pratama Bandung Karees & SMKN 4 Bandung

Share:

Bandung, INFO_PAS – Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Kelas I Bandung menyepakati dua Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bandung Karees dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 4 Bandung. Bertempat di Aula KPP Pratama Bandung Karees, penandatangan MoU dilakukan oleh Kepala Rupbasan Bandung, Suharno, Kepala KPP Pratama Bandung Karees, Zaeni Latif, serta Kepala Sekolah SMKN 4 Bandung, Asep Tapip Yani, Selasa (26/2).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Divisi (Kadiv) Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat, Abdul Haris, jajaran KPP Pratama Bandung Karees dan Sumedang serta pejabat struktural dan fungsional umum Rupbasan Bandung.

MoU antara KPP Pratama dengan Rupbasan Bandung dilaksanakan dalam rangka sinergi penyimpanan basan berupa barang sitaan juru sita pajak atas tindakan penagihan pajak yang dilakukan terhadap penanggung pajak terkait pelunasan utang pajak oleh wajib pajak. Adapun MoU antara Rupbasan Bandung dengan SMKN 4 Bandung terkait pengelolaan basan baran serta praktik kerja lapangan siswa berbasis teknologi informasi dan pengembangan teknologi informasi.

“Dengan pelaksanaan MoU ini diharapkan dapat lebih memotivasi Rupbasan Bandung untuk melakukan pengelolaan basan baran lebih optimal baik dalam penyimpanan basan baran maupun dalam pengembangan IT untuk pengelolaan administrasi basan baran,” harap Aris.

para pihak saat memberikan sambutan

Hal senada disampaikan Kepala Rupbasan Bandung, Suharno. “Undang-undang Nomor. 8 Tahun 1981 tentang Hukum Acara Pidana Pasal 44 Ayat (1) menjadi landasan kami untuk melakukan kerja sama dan bersinergi dengan seluruh Aparat penegak hukum dan stakeholder lainnya dalam hal ini KPP Bandung Karees dan SMKN 4 Bandung,” jelasnya.

MoU ini berlaku untuk jangka waktu lima tahun terhitung sejak ditandatangani oleh para pihak dan dapat diperpanjang atau diakhiri berdasarkan kesepakatan para pihak. Selanjutnya, para pihak melakukan evaluasi pelaksanaan MoU paling sedikit satu kali dalam satu tahun.

KPP Bandung Pratama berharap dengan disimpannya basan di Rupbasan Bandung dapat mendorong aset negara memiliki nilai tinggi. “Kami berharap dengan MoU ini dapat meningkatkan nilai dari basan karena dipelihara dengan baik di Rupbasan Bandung,” harap Kepala KPP Pratama Bandung Karees, Zaeni Latif.

Sementara itu, Kepala SMKN 4 Bandung, Asep Tapip Yani, menyampaikan MoU ini untuk membantu pengembangan sistem teknologi. “Semoga dapat membantu melahirkan generasi bangsa yang berkualitas dengan diberikannya kesempatan kepada siswa untuk menambah wawasan dan mengembangkan kemampuannya dengan praktik kerja di Rupbasan Bandung,” tuturnya.

Kegiatan diakhiri dengan serah terima basan KPP Pratama Bandung Karees kepada Rupbasan Bandung dengan disaksikan oleh Kadiv Pemasyarakatan Jawa Barat.

 

 

Kontributor: Mia Susanti

Rupbasan Bandung Teken MoU Dengan KPP Pratama Bandung Karees & SMKN 4 Bandung | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya