Rupbasan Pangkalpinang Gandeng PT.Timah Tbk. Untuk Tingkatkan Kemampuan Petugas

Share:

Pangkalpinang , INFO_PAS – Rumah Penyimpanan Benda Sitaan Negara (Rupbasan) Kelas II Pangkalpinang, tak henti-hentinya meningkatkan dan mengasah skill serta kemampuan para petugasnya dalam upaya meningkatkan profesionalisme terhadap tugas dan fungsinya . Hal ini dibuktikan Rupbasan Pangkalpinang dengan Menggandeng PT. Timah Tbk. Untuk melakukan sosialisasi tentang Mineral Logam yang diikuti oleh 18 pegawai Rupbasan Pangkalpinang.

Kegiatan dimulai dengan sambutan Kepala Rupbasan Kelas II pangkalpinang sekaligus membuka acara. Yang dilanjutkan dengan pemberian materi tentang mineral Timah dengan pemateri dan narasumber dari PT.Timah Tbk. Selasa (4/9).

Dalam sambutannya Kepala Rupbasan Kelas II Pangkalpinang, Muh. Mehdi sangat berterimakasih dan mendukung penuh atas kehadiran Pihak PT.Timah dalam memberikan pengetahuan kepada Personel Petugas Rupbasan.

“Saya sangat berterimakasih kepada PT. Timah TBK. Yang telah memberikan pengetahuan kepada petugas Rupbasan Pangkalpinang, sebab sebagian besar  Barang Bukti  Perkara yang dititipkan adalah Mineral Timah, hal ini menjadi sangat penting, karena jangan sampai ada petugas pengelolaan Basan / Baran minim informasi tentang Timah,”  ujar Muh. Mehdi.

Usai menerima materi, ke 18 petugas Rupbasan diarahkan ke gudang penyimpanan barang bukti Mineral Logam timah. Dalam kesempatan ini narasumber dari PT. Timah Tbk. memberikan penjelasan yang lebih detail mengenai tata cara penyimpanan, jenis, kadar serta bijih olahan yang sudah dilebur menjadi Balok Timah. Serta mengulas sedikit mengenai teknik peleburan bijih timah menjadi timah padat yang sudah berbentuk balok timah.

Dalam materinya Luky pembicara sekaligus Narasumber dari PT Timah menerangkan banyak hal terkait unsur-unsur yang terkandung dalam pasir Timah beserta turunan dari bagian unsur– unsur kandungan tersebut. Di akhir sesi materi, Luky memberikan masukan dan saran terkait beberapa permasalahan tentang pengelolaan barang bukti khususnya Mineral logam Timah kepada Petugas Rupbasan.

“PT. Timah Tbk. bersedia memberikan beberapa sampel mineral kepada Rupbasan Pangkalpinang sebagai acuan dalam rangka penilaian dan penelitian sederhana terkait Barang Bukti Mineral Timah dan Logam padat Timah. Hal ini dilakukan agar memudahkan petugas dalam mengidentifikasi dan menganalisa berapa nilai taksiran barang bukti yang masuk,” pungkasnya.

 

Kontributor : Gusron,S.AP

Rupbasan Pangkalpinang Gandeng PT.Timah Tbk. Untuk Tingkatkan Kemampuan Petugas | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya