Rutan Ambon Pindahkan 6 Narapidana ke Lapas Piru & Lapas Wahai

Rutan Ambon Pindahkan 6 Narapidana ke Lapas Piru & Lapas Wahai

Ambon, INFO_PAS - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Ambon lakukan pemindahan enam narapidana ke dua Lembaga Pemasyarakatan (Lapas), Rabu (7/4). Tiga narapidana dipindahkan ke Lapas Kelas IIB Piru dan tiga narapidana lainnya dipindahkan ke Lapas Kelas III Wahai. Dikarenakan lokasi Lapas Piru dan Lapas Wahai berada di luar Pulau Ambon, tepatnya di Pulua Seram, pemindahan harus dilakukan pagi hari pukul 05.00 WIT dengan menggunakan transportasi kapal feri.

Dikatakan Pelaksana Harian Kepala Rutan Ambon, Husaini, pemindahan enam narapidana ini sebagai upaya untuk lebih mendekatkan narapidana dengan keluarganya. “Narapidana yang dipindahkan sebelumnya telah dilengkapi berkas-berkas yang diperlukan. Kami juga lampirkan surat keterangan bebas COVID-19 dimana sebelumnya telah dilakukan pemeriksaan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Maluku dengan hasil nonreaktif,” terang Husini.

Selain itu, ia menuturkan pemindahan narapidana dilakukan untuk mencegah overcrowded dimana saat ini jumlah penghuni Rutan Ambon yang berada di dalam dan luar Rutan sudah mencapai 320 orang. Saat ini sebanyak 223 orang berada di Rutan Ambon, sedangkan 75 lainnya berada di luar Rutan.

“Jika nantinya narapidana yang berada di luar rutan dikirim ke Rutan Ambon dan terjadi penumpukan, maka dilakukanlah pemindahan ke Lapas yang berada di dalam Kota Ambon maupun luar Kota Ambon,” pungkas Husaini. (IR)

 

 

 

Kontributor: Rutan Ambon

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0