Rutan Ambon Siap Terima Tahanan A3 dari Pengadilan

Rutan Ambon Siap Terima Tahanan A3 dari Pengadilan

Ambon, INFO_PAS – Kepala Rumah Tahanan Negara (Karutan) Ambon, Wahyu Nurhayanto, melakukan pertemuan dengan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Maluku, Andi Nurka, beserta Kepala Unit Pelaksana Teknis se-Kota Ambon, Jumat (19/6). Pertemuan tersebut terkait Surat Edaran Direktorat Jenderal Pemasyarakatan serta arahan Menteri Hukum dan HAM RI tentang penerimaan tahanan pengadilan (A3) karena terbatasnya ruangan tahanan dari pihak kepolisian yang berada kepolisian daerah maupun kepolisian resor.

Kakanwil meminta seluruh Kepala Unit Pelaksana Teknis untuk saling berkoordinasi terkait masalah perpindahan narapidana dari rutan ke lembaga pemasyarakatan (lapas) guna meminimalisir pembludakan di dalam rutan. "Kita antisipasi pengiriman tahanan A3 yang sudah semakin banyak. Demi tidak membludaknya tahanan di rutan, narapidana yang sudah memenuhi persyaratan agar segera dipindahkan ke lapas dimana harus sesuai dengan standar protokol kesehatan, yakni dilakukan rapid test terlebih dahulu guna memastikan kondisi narapidana atau tahanan baik-baik saja,” pesan Andi.

Menindaklanjuti arahan Kakanwil Kemenkumham Maluku, Karutan Ambon, Wahyu Nurhayanto, bergerak cepat dengan langsung berkoordinasi dengan tim percepatan penanganan Gugus Tugas Coronavirus disease (COVID-19) Provinsi Maluku. Saat menyambangi Sekretariat Tim Gugus Tugas, Wahyu diterima Sekretaris Gugus Tugas COVID-19, Hendri Far Far. Wahyu menjelaskan kedatangannya terkait akan dilakukannya perpindahan narapidana dari rutan ke lapas dimana harus mematuhi standar protokol kesehatan, yaitu dengan melakukan rapid test.

"Kami akan berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Maluku guna menindaklanjuti permintaan dari rutan untuk melakukan rapid test untuk narapidana yang akan dipindahkan ke lapas," ucap Hendri.

Nantinya, Rutan Ambon akan mendata tahanan A3 yang berkasnya sudah diterima pihak rutan serta narapidana yang sudah memenuhi persyaratan untuk dipindahkan. "Tahanan A3 yang akan dipindahkan ke rutan akan disertakan dengan hasil rapid test dari Tim Gugus Tugas COVID-19. Jika hasil rapid test tidak ada, kami tidak terima. Begitu pun sebaliknya, narapidana yang akan kami kirim ke lapas juga akan disertakan hasil rapid test,” terang Karutan.

Ia berharap dengan protokol kesehatan yang dilakukan dalam penerimaan dan pemindahan tahanan dan narapidana dapat memutus mata rantai penularan COVID-19 di dalam rutan.

 

 

Kontributor: Herry Waikero

What's Your Reaction?

like
1
dislike
0
love
1
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0