Rutan Barabai Luncurkan Layanan Self Service bagi WBP

Share:

Barabai, INFO_PAS – Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Barabai meluncurkan layanan self service pada Kamis, (17/10). Layanan self service menjadi salah satu fasilitas yang disediakan bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Barabai sebagai salah satu bentuk transparansi.

Nantinya, WBP akan lebih mudah mengakses dan melihat sejauh mana proses pidana yang mereka jalani, baik dari mulai proses penahanan, putusan (lama pidana), pentahapan (untuk program re-integrasi sosial), remisi, tanggal bebas, serta sisa pidana yang harus dijalani. Cukup dengan menempelkan satu jari, WBP dapat mengakses informasi yang akan muncul dilayar monitor.

Sebelumnya, Kepala Rutan Barabai, Agung Supriyanto terlebih dahulu mengumpulkan semua WBP guna melakukan sosialisasi di salah satu blok hunian, yaitu Blok B bersama Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan, Kepala Sub Seksi (Kasubsi) Pengelolaan, dan Pelaksana Harian (Plh) Kasubsi Pelayanan Tahanan.

Sosialisasi ini membahas pengenalan serta manfaat self service kepada WBP. “Kami bukan yang pertama mengoperasikan layanan self service ini, tapi kami akan selalu berupaya untuk terus bekerja keras, bekerja lebih keras, dan bekerja lebih keras lagi untuk menerapkan nilai PASTI dalam pelayanan di Rutan Barabai,” janji Agung.

peluncuran layanan self service

Sementara itu, Rusdi selaku Plh. Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Barabai menjelaskan self service merupakan layanan mandiri dengan menggunankan teknologi sidik jari yang terintegrasi dengan Sistem Database Pemasyarakatan.

“Layanan ini berfungsi mengetahui masa pidana yang telah dijalani oleh setiap WBP seperti perhitungan 1/3, 1/2, 2/3, tanggal ekspirasi, serta dapat melihat jumlah remisi yang telah didapat,” ungkapnya.

Pihak rutan menentukan jam operasional layanan self service mulai pukul 08.00 – 12.30 WITA dan ditempatkan dimana seluruh WBP dapat dengan mudah mengakses layanan tersebut, yaitu di ruang kepala regu pengamanan yang berada ditengah-tengah blok A, B, C,dan D.

“Antusiasme terhadap layanan ini sangat luar biasa. Diharapkan semua WBP dapat memanfaatkan layanan dimaksud dengan sebaik baiknya,” harap Rusdi.

 

 

 

Kontributor: Rutan Barabai

Rutan Barabai Luncurkan Layanan Self Service bagi WBP | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya