Rutan Kabanjahe Diselimuti Abu Vulkanik Gunung Sinabung

Share:

Kabanjahe, INFO_PAS – Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara hingga kini masih berstatus “Awas.” Hujan abu vulkanik pun masih terus menyelimuti sejumlah desa dan Kota Kabanjahe hingga Kamis (9/11) pagi.

Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Kabanjahe tak luput terkena imbas hujan abu dari erupsi Gunung Sinabung. Abu vulkanik tersebut berterbangan menutupi atap seng Rutan IIB Kabanjahe, rumah penduduk, serta kendaraan milik petugas yang diparkir di luar rutan.

“Jika abu vulkanik tidak secepatnya dibersihkan, maka mobil, atap seng rutan, serta pagar pengaman yang terbuat dari besi akan mudah berkarat karena material letusan gunung mengandung belerang,” ujar Kepala Rutan Kabanjahe, Theo Adrianus.

WBP dan petugas Rutan Kabanjahe menggunakan masker

Abu vulkanik telah menyelimuti Rutan Kabanjahe yang penghuninya berjumlah 446 orang dengan rincian 27 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) perempuan dan 419 WBP laki-laki. Adapun saat ini Rutan Kabanjahe hanya berkekuatan 46 petugas.

Akibat abu vulkanik yang cukup tebal serta mengganggu WBP dan petugas Rutan Kabanjahe, penggunaan masker menjadi solusi untuk mencegah timbulnya penyakit ISPA dan penyakit lainnya. Selain itu, Rutan Kabanjahe juga membutuhkan ambulance untuk mendukung layanan kesehatan WBP.

“Petugas dan WBP sudah terbiasa dengan letusan Gunung Sinabung dan abu erupsi yang mengarah ke Rutan Kabanjahe. Semoga bencana erupsi Gunung Sinabung ini segera berakhir,” harap Theo.

 

 

Kontributor: Rutan Kabanjahe

Rutan Kabanjahe Diselimuti Abu Vulkanik Gunung Sinabung | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya