Rutan Masohi Terima Tahanan Baru dari Kejari Malteng

Rutan Masohi Terima Tahanan Baru dari Kejari Malteng

Masohi, INFO_PAS – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Masohi menerima tiga orang tahanan baru berstatus AIII atau telah memiliki kekuatan hukum tetap dari Kejaksaan Negeri Maluku Tengah, Rabu (13/4). Ketiga tahanan tersebut sebelumnya dititipkan pada Kepolisian Resor Maluku Tengah dan Kepolisian Sektor Kota Masohi.

 

Penggeledahan badan dan barang ketiga tahanan dilakukan oleh Regu Pengamanan yang selanjutnya diserahkan kepada Subseksi Pelayanan Tahanan untuk pemeriksaan kelengkapan berkas administrasi, seperti Surat Perintah Penahanan (T-7), Berita Acara Pelaksanaan Penahanan (BA-15), surat keterangan hasil rapid test, dan dokumen pendukung lainnya.

 

“Kami menerima tiga tahanan dari Polsek Kota Masohi maupun Polres Maluku Tengah di mana semuanya dilengkapi dengan hasil rapid test negatif. Berkas yang kami terima sudah lengkap dan pencatatan Register D juga telah kami lakukan,” jelas Kepala Subseksi (Kasubsi) Pelayanan Tahanan, Hakim Abdul Gani.

 

Tiga tahanan tersebut akan menjalani masa karantina selama 14 hari di kamar karantina yang dikhususkan dan tidak campur dengan WBP lain. Mereka juga diedukasi mengenai peraturan-peraturan yang ada di Rutan.

 

Bayu Muhammad selaku Kepala Rutan Masohi menyampaikan bahwa pihaknya selalu berkoordinasi dengan Aparat Penegak Hukum seperti kepolisian, kejaksaan, serta pengadilan dalam rangka penentuan waktu masuknya tahanan. Hal ini perlu dilakukan karena penerimaan tahanan harus didasarkan pada kesiapan kamar isolasi di Rutan dan wajib sifatnya untuk setiap penerimaan tahanan baru menerapkan protokol kesehatan agar tidak terjadi penyebaran dan penularan COVID-19 di Rutan Masohi.

 

“Meski pandemi COVID-19 masih belum juga selesai, kita harus selalu memberikan pelayanan terbaik dan prima kepada masyarakat,” tandas Bayu. (prv)

 

 

Kontributor: Rutan Masohi

What's Your Reaction?

like
1
dislike
1
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0