Rutan Muntok Berdayakan Warga Binaan Lakukan Budidaya Ikan dan Pencucian Mobil

Share:

SATUARAHNEWS. COM—Rumah Tahanan (Rutan) Muntok Kabupaten Bangka Barat (Babar)  memberdayakan warga binaan untuk melakukan pembudidayaan ikan dan membuka usaha pencucian mobil.

Kepala Rutan Muntok, Zulfikri mengatakan hal ini dilakukan dalam rangka untuk melakukan pembinaan terhadap para narapidana dengan harapan setelah mereka keluar dari rutan dapat menerapkan apa yang telah dipelajari semasa menjalankan hukuman.

“Asmilasi kerja mandiri pencucian mobil dan motor ini juga menjadi ajang pembauran antara narapida dan masyarakat sekitarnya, sehingga ketika mereka bebas nanti dapat diterima dengan baik, selain itu pengawasan lebih mudah dilakukan karena tempatnya masih di lingkungan rutan” jelasnya kepada wartawan Jum’at lalu di Muntok.

Kemudian dirinya menyebutkan saat ini sudah 6 orang narapidana yang sudah terlatih dan telah menjalani setengah dari masa pidananya.

” Semoga dengan keahlian yang mereka miliki dapat menghidupi diri dan keluarganya ketika bebas nanti,  karena kalau mereka tidak diterima dengan baik serta tidak ada pekerjaan dikhawatirkan mereka akan mengulami perbuatannya kembali,” terangnya.

Selain pencucian, Rutan muntok juga melakukan budidaya ikan lele dengan sistem bioflok menjadi salah satu improvisasi dan inovasi, dengan benih lele sebanyak 2.000 (dua ribu) ekor

“Kita akan ajarkan cara memelihara ikan lele yang baik dan benar meskipun dilahan yang terbatas, kegiatan positif ini saya yakin akan mampu membuka lapangan kerja baru khususnya di kabupaten bangka barat ini” harap Zulfikri

Disamping itu salah satu warga binaan Tindak Pidana Penadahan, Suwandi mengatakan sudah banyak kegiatan yang di ikutinya selama berada di Rutan Muntok

“Sebelum masuk sini, saya nggak tahu yang namanya membuat barang-barang kerajinan, budidaya lele, bertani dan lain-lain, namun selama 1,5 tahun jadi penghuni sini, saya bisa membuat barang-barang kerajinan tangan, budidaya lele, bertani, minimal dasar lah” . ungkapnya.

 

sumber: satuarahnews.com

Rutan Muntok Berdayakan Warga Binaan Lakukan Budidaya Ikan dan Pencucian Mobil | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya