Rutan Pandeglang Terus Tingkatkan Kualitas Kesehatan WBP

Share:

Pandeglang, INFO_PAS – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Pandeglang mendatangkan dokter dari Puskesmas Cikole Pandeglang, Satriawati, untuk memeriksa kesehatan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Rabu (12/7) lalu. Pemeriksaan kesehatan ini juga untuk memastikan kebersihan lingkungan di sekitar WBP.

“Seminggu sekali, kami rutin mengundang dokter dari Puskesmas terdekat. Hari ini dokter Satriawati dari Puskemas Cikole,” ungkap Iis Yutapiah, salah satu pegawai di bagian kesehatan dan keperawatan Rutan Pandeglang.

Perawat yang sudah mengabdi 23 tahun di Rutan Pandeglang ini menambahkan bahwa pemeriksaan kesehatan tersebut merupakan inisiatif pihak rutan dengan menggandeng Pemerintah Kabupaten Pandeglang, dalam hal ini Puskesmas. “Kami ingin meningkatkan kualitas kesehatan WBP yang notabene adalah miniatur masyarakat,” tambah Iis.

Setelah melakukan pengecekan ke kamar WBP di Blok A dan B, dokter Satriawati memuji tata kelola kebersihan lingkungan Rutan Pandeglang yang dinilainya sudah bagus. Hanya beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya adalah kesadaran WBP menjaga kebersihan kamarnya agar terhindar dari penyakit, terutama penyakit kulit.

“Yang sering menjadi masalah WBP adalah penyakit gatal-gatal di kulit. Itu karena faktor higienitas yang kurang baik, seperti kamar yang lembab. Oleh karenanya, WBP harus menjaga kebersihan badannya, rajin membersihkan kamar, serta menjemur kasur dan bantal,” pesan Satriawati.

 

 

Kontributor: Jaenal Abidin

Rutan Pandeglang Terus Tingkatkan Kualitas Kesehatan WBP | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya