Satgas Kamtib Maluku Tes Urin WBP & Sidak Rutan Ambon

Share:

Ambon, INFO_PAS – Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadiv PAS) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM Maluku, Pujo Harinto, bersama jajarannya melakukan tes urin kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Ambon yang terlibat kasus narkoba dan sebagian kasus pidana umum, Rabu (27/9).

Secara acak, tim langsung memeriksa urin WBP yang terlihat cukup kaget dengan kedatangan tersebut. “Kami ingin membuktikan bahwa tidak ada penggunaan narkoba di dalam rutan, baik dari sisi permintaan orang menyelundupkan dari petugas maupun besukan, serta sebagai upaya memberantas peredaran narkoba,” tegas Pujo.

Secara keseluruhan, hasil tes urin menyebutkan WBP Rutan Ambon negatif dan bebas dari narkoba. “Dengan adanya tes urin ini kita dapat membuktikan bahwa tidak ada pemakaian narkoba di dalam rutan,” lanjut Pujo.

Malam harinya, Kadiv PAS bersama Tim Satuan Tugas (Satgas) Penegakan Keamanan dan ketertiban (Kamtib) Kanwil Kemenkumham Maluku kembali menyambangi Rutan Ambon untuk melakukan inspeksi mendadak (sidak).

“Sidak yang dilakukan Tim Satgas Kamtib ini secara kontinyu terus dilakukan karena kami ingin situasi yang aman dan bersih. Jangan terlena dengan keamanan yang dari luar tampak tidak ada masalah atau biasa-biasa saja. Pastikan Rutan Ambon aman,” pesan Pujo.

Dalam sidak tersebut, Tim Satgas Kamtib menemukan uang tunai, silet, alat cukur, korek api, kaca, barang-barang alumanium, serta obat-obat generik. “Ini harus ditiadakan di dalam blok dan kamar penghuni. Di rutan transaksi melakukan E-Money, jadi uang tunai juga kami sita,” tambah Pujo.

Kepala Rutan (Karutan) Ambon, Irhamuddin, Kadiv PAS berharap sistem yang sudah dijalankan di rutan agar dipertahankan dengan baik dan semakin profesional dalam menjalankan tugas sehari-hari. Karutan pun berterima kasih kepada Tim Satgas Kamtib yang telah membantu melakukan penggeledahan di blok dan kamar hunian.

“Ini juga sebagai upaya kami mendukung program zero handphone, pungutan liar, dan narkoba. Kami akan konsisten dengan tugas kami,” janjinya.

 

 

Kontributor: Herry

Satgas Kamtib Maluku Tes Urin WBP & Sidak Rutan Ambon | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya