Sebelum Bebas PB & CB, WBP Rutan Barru Berpamitan

Share:

Barru, INFO_PAS – Sebanyak 11 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Barru yang telah menjalani Sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan diberikan Pembebasan Bersyarat (PB) dan Cuti Bersyarat (CB), Selasa (13/11). Sebelumnya, mereka telah memenuhi persyaratan seperti berkelakuan baik di dalam rutan dengan tidak membuat pelanggaran dan telah mengikuti program pembinaan dengan baik, tekun, dan bersemangat.

Setelah menerima Surat Keputusan PB dan CB, mereka pun bersiap untuk bergegas keluar dari rutan. Namun sebelum bebas, ada kegiatan yang menjadi ciri khas WBP Rutan Barru, yaitu saling berjabat tangan dan bermaaf-maafan dengan sesama WBP hingga petugas. Hal tersebut menjadi bukti tingginya rasa kekeluargaan dan saling menghormati antara petugas dengan WBP serta antar sesama WBP Rutan Barru.

WBP berpamitan

“Baik-baik diluar. Pikir dulu sebelum bertindak dan jangan mengulang perbuatan yang melanggar hukum,” pesan Kepala Rutan Barru, Gunawan.

Rasa haru pun menyelimuti bebasnya WBP karena mereka sudah menjadi bagian dari keluarga besar Rutan Barru. Namun, para WBP yang bebas memiliki tanggung jawab yang lebih di luar rutan, utamanya kepada keluarga dan lingkungan sekitar.

Untuk itu, sebelum bebas para WBP diberi beberapa wejangan dan masukan dari petugas pada saat berjabat tangan agar tidak mengulangi lagi perbuatan yang melanggar hukum dan dapat lebih produktif untuk keluarga dan lingkungan sekita

 

 

 

Kontributor: Rutan Barru

Sebelum Bebas PB & CB, WBP Rutan Barru Berpamitan | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya