Seluruh Petugas Pemasyarakatan Harus “PeDe” dan “Narsis”

Share:

Madiun, INFO_PAS – Lembaga Pemasyarakatan Pemuda (Lapas) Madiun mendapatkan kunjungan dari Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS), Jumat (8/9) dalam rangka acara asistensi kehumasan di Unit Pelaksana Teknis UPT) Pemasyarakatan.

Asistensi yang diampu oleh Rika Aprianti selaku Kepala Sub Bagian Analisa & Strategi Komunikasi ini berlangsung di ruang rapat Lapas Pemuda Madiun dan diikuti oleh 15 tim humas dari masing-masing UPT Pemasyarakatan wilayah Madiun.

Rika menjelaskan peran humas yang bisa dijadikan sarana menyebarkan berita-berita positif agar masyarakat luas mengetahui apa yang terjadi di UPT Pemasyarakatan. “Petugas Pemasyarakatan harus percaya diri dan narsis,” ujar Rika.

Ia juga memotivasi antusiasme para peserta agar jangan ragu untuk menuangkan tulisan berupa kegiatan-kegiatan positif di UPT Pemasyarakatan masing-masing beserta foto-fotonya.

Terkait dengan berita terkini yang selalu mendeskriditkan Pemasyarakatan, disinilah peran humas untuk bisa mengubah bad news menjadi good news. “Sangatlah penting bagi satuan kerja untuk menyampaikan berita terkait Pemasyarakatan kepada masyarakat luas agar tidak terjadi kesalahpahaman atau miscommunication dikalangan masyarakat,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Rika menjelaskan kepada peserta asistensi untuk memilih informasi yang akan di-share agar lebih menarik sehingga masyarakat yang terkadang hanya membaca judul berita mau membaca isi berita.

Ia juga mengingatkan bahwa di era yang sudah modern ini, peliputan berita sudah mudah dibagikan melalui media sosial seperti Facebook, Whatssap, Twitter, maupun dalam bentuk tulisan yang dikirimkan ke bagian Humas Ditjen PAS.

 

 

Seluruh Petugas Pemasyarakatan Harus “PeDe” dan “Narsis” | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya