Senam Pagi Penuhi Kebutuhan Jasmani Anak LPKA Kutoarjo

Senam Pagi Penuhi Kebutuhan Jasmani Anak LPKA Kutoarjo

Kutoarjo, INFO_PAS – Sebanyak lima puluh delapan Anak Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Kutoarjo melaksanakan senam pagi sebagai bagian dari pembinaan kepribadian, Jumat (28/2). Senam pagi dimulai pukul 07.15 – 08.15 WIB dipandu satu instruktur dari petugas dan dua Anak perempuan.

Kegiatan senam diikuti seluruh Anak dengan penuh antusias yang meliputi senam Senam Kesegaran Jasmani (SKJ) Pramuka dan aerobik. Senam ini rutin dilaksanakan setiap hari di LPKA Kutoarjo, kecuali Hari Senin, karena seluruh Anak melaksanaan upacara kesadaran berbangsa dan bernegara.

Menurut Kepala Sub Seksi Pendidikan dan Latihan Keterampilan LPKA Kutoarjo, Suprayitno, senam pagi memiliki banyak manfaat. Selain memupuk semangat kebersamaan antar Anak serta kedekatan petugas dengan Anak, kesehatan Anak juga tetap terjaga. “Dengan senam teratur, badan menjadi bugar dan daya tahan tubuh meningkat,” ucapnya.

Hal senada disampaikan Kepala Seksi Pembinaan LPKA Kutoarjo, Rini Astuti. Ia menuturkan senam SKJ Pramuka sudah sangat familiar bagi Anak. Ditambah lagi dengan tambahan senam aerobik yang memiliki karakter musik pengiring energik dan penuh semangat.

“Senam aerobik bila dilaksanakan dengan baik akan meningkatkan kesehatan jantung dan stamina tubuh karena unsur gabungan gerakan yang energik, kreatif, dan berirama cepat,” bebernya.

Pada sesi akhir setiap senam akan ditunjuk secara acak dua perwakilan Anak untuk membacakan Pancasila dan Catur Dharma Anak seraya ditirukan seluruh Anak LPKA Kutoarjo. Adapun tata tertib/aturan disiplin Anak akan dibacakan koordinator wisma satu pekan sekali pasca senam tersebu agar Anak mampu menumbuhkan jiwa nasionalisme serta selalu mengingat dan memahami poin-poin dalam Catur Dharma Anak dan tata tertib/aturan disiplin Anak.

 

 

Kontributor: Dedy Winarto

What's Your Reaction?

like
1
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0