Senpi dan Amunisi Lapas Ambon Diperiksa

Senpi dan Amunisi Lapas Ambon Diperiksa

Ambon, INFO_PAS - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Ambon kedatangan personel Kepolisian Resor Kota Ambon dan Pulau-Pulau Lease, Rabu (2/6). Kedatangan tim yang terdiir dari dua anggota kepolisian ini diterima langsung Pelaksana Tugas Kepala Seksi Keamanan dan Ketertiban, Abdul Rahim.

Ia mengatakan kedatangan mereka guna melakukan pemeriksaan dan pengawasan terhadap senjata api (senpi) di Lapas Ambon. “Pemeriksaan senjata api yang dilakukan meliputi pemeriksaan senpi, amunisi, dan dokumen kepemilikan,” urai Abdul Rahim.

Dari hasil pemeriksaan, yakni senjata Bernadelli 8 unit, P3A/Shotgun (laras pendek) sebanyak 3 tiga unit, shotgun (laras panjang) sebanyak delapan unit, serta pelontar gas air mata sebanyak delapan unit seluruhnya layak. Untuk itu, dapat digunakan sesuai fungsi dan tujuannya dalam pelaksanaan tugas di lapangan

Sementara itu, Kepala Lapas Ambon, Saiful Sahri, mengatakan pengawasan dan pemeriksaan senpi perlu dilakukan secara berkala, baik oleh pihak internal maupun eksternal. “Senpi merupakan salah satu dari pelbagai sarana dan prasarana di Lapas Ambon dalam menunjang pelaksanaan tugas, khususnya di bidang keamanan. Maka, perlu pengawasan dan pemeriksaan rutin dari internal maupun eksternal,” tuturnya.

Sebagai informasi, kegiatan pemeriksaan senpi ini diatur dalam Undang-Undang Darurat RI No.12 Tahun 1951 tentang Peraturan Hukum Sementara Istimewa, Surat Keputusan Kepala Kepolisian Negara RI No.82/II/2004 tanggal 16 Februari 2004 tentang Pengawasan dan Pengendalian Senjata Api Non Organik TNI/Polri, serta Surat Telegram Kepala Kepolisian Daerah Sumatra Selatan No.ST/124/II/2016 tanggal 2 Februari 2016 tentang Pengecekan, Pengawasan, dan Pengendalian Senpi milik Lapas/Rutan. (IR)

 

 

Kontributor: Arwin R.

What's Your Reaction?

like
1
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0