Sertijab Dirjen PAS Kental dengan Nuansa Seni

Share:

Jakarta, INFO_PAS – Acara Serah Terima Jabatan Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjen PAS), Senin (31/7) di Graha Bhakti Pemasyarakatan dihelat dalam nuansa seni yang kental. Sejak awal acara, sejumlah penari yang merupakan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Jakarta, langsung menyambut kedatangan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham), Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM, Dirjen PAS, dan Pelaksana Tugas Dirjen PAS dengan tarian Bali.

Hadir pula sejumlah tamu undangan diantaranya anggota Dewan Perwakilan Rakyat, Agun Gunanjar, pimpinan tinggi madya, staf ahli, staf khusus, penasihat, sesepuh Pemasyaraktan, dan jajaran Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS).

Salah satu pegawai Ditjen PAS, Raja Zulfikar, juga berkesempatan menyanyikan lagu ciptaan Dirjen PAS, I Wayan K. Dusak, berjudul “Aku Disini.” Sebelumnya, lagu ini juga telah diperdengarkan dalam pagelaran sendratari Pemasyarakatan “Merangkai Asa” beberapa waktu lalu.

“Tidak mungkin saya di sini, telah dipercaya menahkodai organisasi yang lebih besar dibandingkan dengan yang lain,” ujar Dusak yang purnabhakti per tanggal 1 Agustus 2017.

Sementara itu, Menkumham, Yasonna H. Laoly, memuji dedikasi dan jasa-jasa I Wayan K. Dusak kepada Pemasyarakatan. “Dua tahun menahkodai Pemasyarakatan telah memberi warna tersendiri. Pemasyarakatan menunjukkan performa dan keberhasilan,” pujinya.

Direktur Pelayanan Tahanan dan Pengelolaan Basan Baran, Wahiddin, menyampaikan pesan dan kesannya terhadap Dirjen PAS sebagai perwakilan jajaran Ditjen PAS. Ia mengakui ada tiga hal penting dalam diri orang nomor satu di Pemasyarakatan itu.

“Pertama, low profile. Bersahaja. Tidak ada yang dipanggil hanya namanya saja, tapi sahabat Pemasyarakatan. Kedua, korektif. Teliti terhadap surat yang dibuat. Korektif dalam hal segalanya. Daya ingat korektif. Ketiga, pelobi unggul. Saat yang lain dipangkas anggarannya, Ditjen PAS ditambah. Mungkin lobi hingga akhir jadi Dirjen PAS juga,” candanya.

kabaret pegawai dan WBP

Puncak acara hari itu adalah persembahan dari pegawai Ditjen PAS berupa tarian Serenade for the Amazing Masterpiece binaan Sekretaris Ditjen PAS, Sri Puguh Budi Utami. Selanjutnya adalah persembahan lagu “Selamat Jalan” dari pegawai, taruna Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (POLTEKIP), serta Sekretaris Ditjen PAS yang juga pencipta lagu tersebut.

Kabaret persembahan pegawai Ditjen PAS dan WBP berjudul “Pengabdianku” serta hiburan oleh penyanyi kenamaan, Joy Tobing, menutup rangkaian acara hari itu. Dirjen PAS beserta ibu kemudian dilepas melalui prosesi pedang pora oleh taruna POTLEKIP dengan iringan tradisi Betawi.

 

Sertijab Dirjen PAS Kental dengan Nuansa Seni | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya