• .Menteri Hukum dan HAM didampingi Wamenkumham dan Dirjen Pemasyarakatan

  • Pemberian RemisiMenkumham didampingi Dirjen Pemasyarakatan saat memberikan remisi kepada WBP

  • ..

  • ..

  • .Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI ke - 69

Karya Napi Indonesia Kembali Dipamerkan melalui Napi Craft 2013

Jakarta, Setelah sukses dengan perhelatan pada tahun 2012, Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) kembali menyelenggarakan Napi Craft, Pameran Hasil Karya Narapidana Indonesia tahun 2013. Pameran kreasi dan hasil kreativitas para warga binaan pemasyarakatan (WBP) seluruh Indonesia ini digelar 11 s/d 15 Desember 2013 bertempat di Plenary Hall Jakarta Convention Center dan merupakan bagian dari Katumbiri Expo 2013.

Seperti pada penyelenggaraan sebelumnya, Napi Craft 2013 diprakarsai oleh Dharma Wanita Persatuan Kemenkumham pimpinan Ibu Evi Amir Syamsuddin sebagai wujud kepedulian dan apresiasi atas hasil karya narapidana Indonesia yang kualitasnya tidak hanya bersifat nasional, tetapi juga internasional. “Napi Craft bermuara dari program bengkel kerja produktif diusung Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjen PAS). Tidak hanya sebagai pengisi waktu selama berada di lapas/rutan, tapi juga sebagai modal keterampilan dan mendorong ekonomi kreatif,” ujar Evi.

Sejumlah pejabat negara dan tokoh masyarakat akan hadir dalam Pembukaan Napi Craft 2013, yakni Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Linda Gumelar, Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo, serta sejumlah pejabat Kemenkumham. Hadir pula salah satu Diva Indonesia, Vina Panduwinata, yang menghibur acara melalui suara emasnya.

Para WBP dari sejumlah lapas/rutan juga akan tampil sepanjang penyelenggaran Napi Craft 2013, seperti penampilan musik Salemba Band dari Rutan Salemba, penampilan musik tradisional dan band dari Lapas Banceuy, penampilan musik Waru Band dari Rutan Bandung, kolaborasi Rampak Gendang dan Angklung dari Lapas Anak Pria dan Anak Wanita Tangerang, serta penampilan band dan tarian dari Lapas Bogor.

Ada pula sejumlah demo keterampilan WBP seperti membuat kerajinan dari koran bekas oleh WBP Lapas Tangerang, keterampilan membatik oleh WBP Lapas Cipinang, pembuatan miniatur kapal oleh WBP Lapas Bekasi, melukis kanvas oleh WBP Lapas Salemba, dan masih banyak lagi demo keterampilan menarik lainnya.

Kegiatan bengkel kerja napi merupakan salah satu program unggulan Ditjen PAS. Tahun 2012, Ditjen PAS mengusung program bengkel kerja bangkit, yang kemudian dilanjutkan dengan program bengkel kerja produktif pada tahun 2013. Ratusan karya napi seperti batik, ukuran, lukisan, anyaman, mebel, hingga makanan dan minuman dipamerkan sebagai bukti keberhasilan program bengkel kerja produktif Ditjen PAS.

Harapannya semoga penyelenggaraan Napi Craft bisa semakin menunjukkan kepada masyarakat luas akan kreatifitas, inovasi, serta produktifitas hasil karya WBP sebagai bagian dari program pembinaan mereka selama di lapas/rutan. Diharapkan pula akan semakin banyak pihak ketiga/pengusaha yang  tertarik untuk menjalin kerjasama, baik dari sisi produksi maupun pemasaran.

Add new comment

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Web page addresses and e-mail addresses turn into links automatically.
  • Lines and paragraphs break automatically.
CAPTCHA
This question is for testing whether or not you are a human visitor and to prevent automated spam submissions.
5 + 4 =
Solve this simple math problem and enter the result. E.g. for 1+3, enter 4.