Sidak Malam dan Tes Urin Gegerkan WBP Rutan Garut

Share:

Garut, INFO_PAS – Jajaran Rumah Tahanan Negara (Rutan) Garut melakukan inspeksi mendadak (sidak) terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Kamis (14/12) malam. Para petugas Rutan Garut menyisir seluruh blok dan kamar hunian WBP mulai dari Blok A, B, dan C.

“Sidak malam bisa menjadi shock terapi agar WBP tidak merasa bebas di dalam kamar hunian. Walaupun malam, kami masih mengawasi mereka karena ini merupakan bagian dari tugas yang sifatnya rahasia,” ujar tegas Kepala Rutan (Karutan) Garut, Sukarno Ali.

Menurutnya, jika ingin melakukan sidak dengan maksimal, maka pelaksanaannya haruslah diam-diam ketika WBP lengah.

Tak hanya meninjau ke beberapa blok tahanan, Karutan juga turut terjun melaksanakan razia dan berdiskusi dengan Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Garut, Febrian Sony. “Karutan sangat konsen dengan narkoba, terutama untuk para tahanan kasus narkoba lebih diperketat pengawasannya,” ujarnya.

sidak Rutan Garut

Saat mengggeledah salah satu blok yang dihuni oleh tahanan dan narapidana kasus narkoba, petugas Rutan Garut memeriksa seluruh barang yang ada. Selanjutnya, petugas kesehatan Rutan Garut, Ai Satriani, melakukan tes urin terhadap beberapa WBP kasus narkoba yang diawasi langsung orang-perorang oleh petugas pengamanan.

Hasilnya, tidak ada WBP yang terindikasi positif narkoba. Hal ini pun disyukuri oleh Karutan Garut.

“Semoga ini dapat dipertahankan. Kedepannya kami akan rutin melaksanakan tes narkoba. Kami juga harus meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi Natal 2017 dan tahun baru 2018 demi mencegah gangguan keamanan dan ketertiban,” pungkas Sukarno.

 

 

 

Kontributor: Averoes

Sidak Malam dan Tes Urin Gegerkan WBP Rutan Garut | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya