Sidang TPP Kanwil Maluku Bahas Pemindahan Narapidana

Sidang TPP Kanwil Maluku Bahas Pemindahan Narapidana

Ambon, INFO_PAS - Tim Pengamat Pemasyarakatan (TPP) Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Maluku melaksanakan sidang usulan pemindahan narapidana yang bertempat di ruang rapat kanwil, Rabu (24/6). Kepala Bidang Pembinaan, Pembimbingan dan Teknologi Informasi Kanwil Kemenkumham Maluku, Adjid Taha, menyampaikan Sidang TPP yang dilakukan adalah perintah langsung Kepala Kanwil (Kananwil) atas kondisi Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Ambon yang sudah over kapasitas.

"Beberapa waktu lalu Lapas Ambon baru saja menerima 50 narapidana pindahan dari Rumah Tahanan Negara (Rutan) Ambon sehingga sudah seharusnya juga ada pemindahan narapidana dari Lapas Ambon ke beberapa lapas terdekat di sekitar Pulau Ambon," jelasnya.

Pemindahan 50 narapidana dari Rutan Ambon ke Lapas Ambon dilakukan berdasarkan Surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan Nomor PAS-PK.01.01.01-750 tanggal 16 Juni 2020 tentang Penerimaan Tahanan A.III serta tindak lanjut pertemuan Kakanwil dan Kepolisian Daerah Maluku dikarenakan banyaknya tahanan A.III di kepolisian yang sudah memenuhi sel akibat pembatasan jumlah tahanan karena pandemi Coronavirus disease (COVID-19).

Agenda Sidang TPP tersebut adalah usulan pemindahan 18 narapidana ke Lapas Namlea, Lapas Geser, Lapas Saparua, Lapas Wahai, dan Rutan Masohi. "Pada prinsipnya kami sebagai tim telah menyetujui usulan pemindahan ke beberapa lapas tersebut. Hasil sidang ini menghasilkan rekomendasi yang akan kami sampaikan kepada Bapak Kakanwil karena beliau yang akan memberikan keputusan," tambah Adjid.

Bila Kakanwil menyetujui rekomendasi tersebut, maka dalam waktu dekat akan segera dilakukan pemindahan. Selain bekerja sama dengan kepolisian untuk pengawalan, Lapas Ambon juga akan bekerja sama dengan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Maluku untuk membantu memfasilitasi pelaksanaan rapid test bagi 18 narapidana yang akan dipindahkan melalui beberapa alat transportasi laut sehingga proses pemindahan berjalan lancar dan protokol kesehatan dapat terlaksana dengan baik.

 

 

Kontributor: Arista E.

What's Your Reaction?

like
1
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0