Sidang TPP Lapas Watampone Kini Berbasis Online

Sidang TPP Lapas Watampone Kini Berbasis Online

Watampone, INFO_PAS – Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Watampone menggelar Sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan (TPP) perdana berbasis online, Selasa (22/10) di Aula Lapas Watampone. Sidang TPP yang dibuka oleh Kepala Lapas Watampone, Lukman Amin.

Dalam sambutannya, Lukman mengatakan Sidang TPP kali ini sedikit berbeda dari biasanya karena sidang kali ini secara live yang dipantau oleh Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sulawesi Selatan melalui aplikasi zoom untuk memberikan gambaran secara langsung Sidang TPP di Lapas Watampone. Pihak lapas juga tetap menghadirkan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) serta Wali Pemasyarakatan.

“Memanfaatkan konsep teleconference untuk memangkas birokrasi dan menggantikannya dengan birokrasi secara online, diharapkan informasi dalam Sidang TPP berbasis online dapat disampaikan lebih cepat serta efisien dari segi waktu dan biaya,” harap Lukman.

Staf Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sulawesi Selatan yang diwakili oleh Samaluddin Bogra mengapresiasi inovasi yang dilakukan oleh Lapas Watampone dalam pelaksanaan Sidang TPP secara online.

“Ini merupakan tahap awal dan baru dilaksanakan di jajaran Kanwil Kemenkumham Sulawesi Selatan. Semoga kedepannya Unit Pelaksana Teknis Pemasyarakatan yang lain bisa mengikuti langkah dan inovasi tersebut,” ujarnya.

Di tempat terpisah, Kepala Balai Pemasyarakatan Watampone, Andi Gunawan, yang mengikuti jalannya Sidang TPP di Lapas Watampone lewat gawainya mengapresiasi terobosan   Sidang TPP secara live seperti ini. “Kita dapat memangkas biaya, waktu, tenaga, dan sangat mendukung program tersebut,” timpanya.

Sidang TPP ini diikuti 10 WBP Lapas Watampone yang terdiri dari tujuh orang dengan usulan Cuti Bersayarat dan tiga orang untuk program pembinaan Asimilasi bekerja di luar lapas.

 

 

Kontributor: Lapas Watampone

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0