Sinergitas Petugas Rutan Batam & Warga Binaan Dalam Suasana Kekeluargaan

Share:

Batam, INFO_PAS – Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas IIA Batam, Robinson Perangin Angin, yang baru beberapa hari menjabat di lingkungan Rutan Batam memberikan pengarahan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan tentang hak hak Warga Binaan (WBP) dan mengajak WBP untuk turut serta menjaga keamanan & ketertiban sekaligus memberi motivasi kepada Warga Binaan agar selalu iklas menjalani hukuman di Rutan Batam, Rabu (7/11).

Dalam pengarahannya, Karutan didampingi oleh Pejabat struktural Rutan Batam, diantaranya adalah  Kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan, Said Afrizal, Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan, Al Imran Arasy, Kepala Sub Seksi Pengelolaan, Heri Aguswanto, serta Kepala Sub Seksi Bimbingan Kegiatan Raja Juli Indra.

Robinson selaku pimpinan Rutan Batam menerangkan bahwa WBP wajib mengikuti program pembinaan yang ada di Rutan Batam, karena salah satu syarat pengurusan Pembebasan Bersyarat adalah mengikuti Program Pembinaan yang ada serta khususnya turut menjaga keamanan dan ketertiban Rutan.

“Sesuai dengan aturan yang ada apa bila Hak Hak sudah diberikan kepada WBP, tetapi melakukan pelanggaran dan tata tertib yang ada di Rutan terpaksa hak haknya dicabut. Contohnya seperti menggunakan HP, Narkoba, Membuat keributan, serta tidak mengikuti aturan ya g berlaku di Rutan,” jelas Robinson.

System Pemasyarakatan adalah memanusiakan manusia dan mengembalikan manusia hidup seutuhnya dalam lingkungan masyarakat dan dapat diterima oleh masyarakat,  bukan memvonis seseorang yang telah melakukan pelanggaran dan menilai sebagai sampah masyarakat dan negara. Rutan atau Lapas ini adalah miniatur kehidupan di masyarakat luar.

“Dengan keterbatasan Petugas Rutan kami yang jumlahnya hanya sedikit, dibandingkan jumlah Warga Binaan Rutan Batam  hampir 1.000 orang, apakah sebanding dengan petugas kami, system yang digunakan Lapas dan Rutan selama ini, kita tambahkan dengan menggunakan sistem kedekatan dan kekeluargaan terhadap mereka dan petugas Rutan. mereka pun terasa nyaman, aman dan bahagia. Kalau mereka nyaman dan aman, maka sistem pembinaan pun dapat berjalan, seperti system selama ini sudah kita jalankan. Untuk itu mari kita timbulkan rasa kedekatan, kekeluargaan antara petugas dan WBP Rutan Batam tetapi harus dengan mengikuti aturan yang berlaku pada Rutan,” imbuhnya.

Diakhir pengarahannya, Kepala Rutan Batam menyampaikanKepada warga binaan untuk selalu  menjaga kemanan dan ketertiban Rutan Batam serta menciptakan suasan keakraban yang bersinergi antara Petugas dan Warga Binaan.

“Saya berpesan kepada Warga Binaan untuk tetap selalu menjaga keamanan dan ketertiban Rutan, karena ini adalah rumah kita, timbulkan rasa sinergi antara warga binaan dan petugas, Mengikuti Sistem Pembinaan didalam Rutan, Timbulkan rasa kedeketan dan kekeluargaan antara sesama WBP & Petugas, Bersikakap sopan dan santun serta Mengikuti aturan yang berlaku di dalam Rutan,” pesannya.

 

Kontributor : Rutan Batam

 

 

Sinergitas Petugas Rutan Batam & Warga Binaan Dalam Suasana Kekeluargaan | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya