Sohibur Rachman: Abdi Negara Itu Panggilan Hati

Share:

Depok- Tak hanya dikenal dengan sikapnya yang tegas, Sohibur Rachman, Kepala Rumah Tahanan (Rutan) Cilodong, Depok, Jawa Barat, juga dikenal memiliki jiwa sosial yang cukup tinggi. Hal inilah yang membuat pria asal Madura itu cukup disegani oleh jajaran maupun warga binaan alias napi.

Ditemui disela-sela kesibukannya sebagai orang nomor satu di Rutan Cilodong, Sohibur pun tak sungkan untuk turun langsung memeriksa kondisi keamanan dan pelayanan anggotanya. Bahkan ditempat itu pula, Sohibur seringkali mengajak anggota dan warga binaannya untuk belajar hidup mandiri. Salah satunya dengan membudidayakan ternak, yakni bebek dan ikan.

Lahan yang digunakan pun tak luas, namun cukup efektif untuk memelihara dua jenis hewan tersebut. Berbekal sedikit pengalaman, kini jumlah bebek dan ikan yang berada di rutan tersbeut telah mencapai ratusan ekor. Sohibur mengaku, jika panen nanti, sejumlah hewan ini akan ia bagikan pada jajaran dan para napi.

“Insya Allah kalau nanti panen pas tahun baru kita bagi-bagi juga buat mereka (para napi). Ya kita makan bebek dan ikan bareng-bareng,” katanya pada wartawan, Selasa 28 November 2017.

Dengan langkah yang dilakukannya itu, ayah dari dua orang anak itu pun sukses mengubah image penjara sebagai tempat yang kerap dicap negatif menjadi tempat menimba ilmu sekaligsu ajang instropeksi diri.

“Semua itu harus dilakukan dari hati. Sebagai abdi negara, saya memiliki tanggungjawab besar, bukan hanya menjaga keamanan tapi juga mengajak mereka (napi), ke arah yang lebih baik. Semua punya kesempatan, dan saya yakin itu. Jadi saya pikir abdi negara itu adalah panggilan hati.”

 

sumber: kondeonline.com

Sohibur Rachman: Abdi Negara Itu Panggilan Hati | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya