Sosialisasi IMS Putus Mata Rantai Penyakit di Lapas Narkotika Jakarta

Share:

Jakarta, INFO_PAS – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Jakarta mengadakan sosialisasi program pengendalian penyakit Infeksi Menular Seksual (IMS) bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Rabu (20/9). Kegiatan ini diikuti oleh WBP Lapas Narkotika Jakarta bertempat di Blok A Lantai 1 mulai pukul 09.00 WIB.

Dikatakan dr. Yusman Akbar  selaku salah satu narasumber, langkah ini sebagai upaya meningkatkan pemahaman dan pengetahuan WBP akan penyakit menular seksual serta memutus mata rantai penyebaran penyakit ini.

“Hampir seluruh IMS dapat diobati, tetapi ada juga yang dapat menyebabkan kematian sehingga upaya pengendalian seperti sosialisasi mengenai penyakit ini sangat penting dilakukan,” ucap pria yang juga Koordinator Klinik Pratama Lapas Narkotika Jakarta.

Sosialisasi tersebut diisi dengan paparan materi dan pengisian form skrining IMS oleh WBP yang didampingi oleh kader kesehatan Klinik Pratama Lapas Narkotika Jakarta. Bersama dr. Finnahari selaku Koordinator Program Pencegahan dan pengobatan HIV/AIDS, para WBP mendengarkan sosialisi tentang IMS menyangkut cara penularan, gejala umum, akibat yang ditimbulkan, jenis-jenis IMS, yang harus dilakukan bila menderita gejala IMS, cara pencegahan, serta konseling dan testing.

 

 

Kontributor: Budi Leksono 

Sosialisasi IMS Putus Mata Rantai Penyakit di Lapas Narkotika Jakarta | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya