Sosialisasi Tim Divisi PAS Kalbar Optimalkan SDP di Bapas Pontianak

Share:

Pontianak, INFO_PAS – Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Pontianak menerima kunjungan dari Tim Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Barat, Kamis (7/2). Hadir pada kunjungan tersebut Kepala Bidang Pembinaan, Bimbingan Pemasyarakatan, Pengentasan Anak, Informasi dan Komunikasi, Eka Jaka, serta Kepala Bidang Keamanan, Kesehatan, Perawatan Narapidana/Tahanan, dan Pengelolaan Basan dan Baran, Priyarso. Selain itu, turut mendampingi Penyusun Laporan dan Hasil Evaluasi, Irwansyah.

Bertempat di Aula Bapas Pontianak, kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh seluruh petugas Bapas Pontianak, termasuk Kepala Bapas Pontianak, Heri Sulistyo. Dalam kunjungan yang dilakukan, Tim Divisi Pemasyarakatan memberikan sosialisasi terkait Sistem Database Pemasyarakatan (SDP) yang disampaikan oleh Irwansyah.

sosialisasi optimalisasi SDP

“Penginputan Penelitian Kemasyarakatan (Litmas) dalam SDP ditujukan untuk mengontrol kinerja Pembimbing Kemasyarakatan (PK),” ujar Eka Jaka.

Selanjutnya, ia juga menjelaskan sifat Litmas yang rahasia dapat dioptimalkan dengan memaksimalkan proses penginputan dalam SDP. “Selama ini PK mencetak Litmas dan kemudian menginput isi Litmas ke aplikasi SDP, sedangkan seharusnya Litmas diinput ke aplikasi SDP terlebih dahulu baru kemudian dicetak untuk menjaga kerahasiaan Litmas,” tambah Eka.

Dalam sosialisasi yang interaktif tersebut terdapat pertanyaan dari petugas yang mengalami kendala dalam proses Litmas, termasuk masukan dari Kepala Bapas Pontianak akan pentingnya kelengkapan dokumen dalam pengajuan program Pembebasan Bersyarat atau Cuti Bersyarat dari lembaga pemasyarakatan atau rumah tahanan negara yang kerap menjadi kendala dalam pelaksanaan Litmas.

 

 

Kontributor: Bapas Pontianak

Sosialisasi Tim Divisi PAS Kalbar Optimalkan SDP di Bapas Pontianak | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya