Tangkis Penyakit DBD, Rutan Bantaeng Di-Fogging

Tangkis Penyakit DBD, Rutan Bantaeng Di-Fogging

Bantaeng, INFO_PAS – Rumah Tahanan Negara (Rutan) Bantaeng menggandeng Dinas Kesehatan Kabupaten Bantaeng untuk melakukan fogging sebagai antisipasi penyakit yang datang di musim pancaroba. Untuk itu, pada Jumat (24/1) tim fogging melakukan penyemprotan di Rutan Bantaeng untuk memberantas sarana nyamuk.

 

Penyemprotan dimulai di dalam blok dan kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), area WC umum, tempat pengambilan air wudhu, aliran air, dan area belakang kamar hunian WBP. “Kami akan memberikan pemahaman kepada WBP bahwa fogging tidaklah sepenuhnya ekeftif dalam pemberantasan sarang nyamuk. Harus ada beberapa langkah yang digunakan dan diterapkan WBP agar nyamuk demam berdarah tidak kembali bersarang di tempatnya,” tutur Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan Bantaeng, Amir.

Ia meminta WBP tidak menggantung baju-baju yang seharusnya bisa dilipat serta memonitor lembar pakaian yang dimiliki WBP. “Sesuai standar SOP yang berlaku, WBP hanya diperbolehkan memiliki enam pasang baju. Terlalu banyak barang ditakutkan menjadi salah satu sarana nyamuk demam berdarah untuk bisa berkembang biak,” tambah Amir.

 

Penyemprotan tersebut dilakukan pukul 08.30 WITA sebab nyamuk demam berdarah paling aktif mencari mangsa sekitar dua jam setelah matahari terbit dan beberapa jam sebelum matahari terbenam. Nyamuk ini bisa juga menggigit pada malam hari di lokasi berpenerangan baik. Selain manusia, nyamuk A. aegypti dan A. Albopictus dapat pula menggigit anjing dan mamalia peliharaan lainnya.

 

 

 

Kontributor: Rutan Bantaeng

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0