Terima 11 Narapidana Pindahan, LPN Pamekasan Terapkan Prokes Ketat

Terima 11 Narapidana Pindahan, LPN Pamekasan Terapkan Prokes Ketat

Pamekasan, INFO_PAS Sebanyak 11 orang narapidana tiba di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Kamis (1/7). Mereka merupakan narapidana yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap (inkracht) dan dipindahkan dari Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Bangkalan.

 

Kepala Lapas (Kalapas) Narkotika Kelas IIA Pamekasan, Sohibur Rachman, mengatakan para narapidana tersebut diperiksa dengan ketat mulai dari rapid test antigen dan pemeriksaan kesehatan lainnya. Hal ini dilakukan untuk mencegah penyebaran COVID-19 di Lapas Narkotika Pamekasan.

 

Proses penerimaan kita lakukan dengan pemeriksaan yang cukup ketat. Tujuan dilakukannya pengecekan kesehatan ini agar kita mengetahui apakah narapidana yang kami terima dalam keadaan sehat atau sakit dan untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 di lingkungan Lapas Narkotika Pamekasan,” jelasnya.

 

Selama 14 hari ke depan, seluruh narapidana yang baru dipindahkan ini akan diisolasi dalam blok terpisah yang telah disiapkan. “Selama di dalam blok isolasi, diminta agar semua narapidana baru dapat menjaga kebersihan, keamanan dan ketertiban. Hal ini sesuai dengan arahan yang tertuang dalam Surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan bahwa penerimaan narapidana baru mengacu pada protokol kesehatan mulai dari proses masuk hingga penempatannya di blok hunian, jelas Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas (KPLP), Basuki.

 

Tak hanya pemeriksaan kesehatan dan rapid test antigen, dokter Lapas Narkotika Pamekasan juga menerangkan kepada para narapidana tersebut untuk selalu menjaga kebersihan diri dan menerapkan protokol kesehatan. Untuk ke-11 WBP ini kita lakukan rapid test antigen dan tes urine. Alhamdulillah, hasilnya semua negatif, tambah dr. Nur Faidah Utami.

 

Selanjutnya, dilakukan pemeriksaan dokumen oleh tim Registrasi Lapas Narkotika Pamekasan dan penggeledahan tubuh serta barang bawaan WBP oleh tim KPLP. Usai diperiksa, dengan dibantu oleh regu pengamanan, belasan narapidana tersebut langsung diarahkan menuju blok masa pengenalan lingkungan. (prv)

 

 

Kontributor: Humas Lapas Narkotika Pamekasan

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0