Terima Sarpras Pendukung, UPT Pemasyarakatan Maluku Tingkatkan Pengamanan

Terima Sarpras Pendukung, UPT Pemasyarakatan Maluku Tingkatkan Pengamanan

Ambon, INFO_PAS Dua Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan di wilayah Maluku menerima sarana prasarana (sarpras) pendukung dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Dtijenpas). Selasa (28/9),  Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Ambon dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Perempuan Ambon menerima dua buah handheld metal detector, sementara Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Ambon menerima sarpras yang sama dan tiga buah lonceng.

Kepala Pengamanan Rutan (KPR) Ambon, Jefry Persulessy yang menerima alat tersebut, mengungkapkan dengan diberikannya metal detector dari Ditjenpas diharapkan dapat membantu petugas pengamanan dalam pelaksanaan tugas sehari-hari dalam hal penerimaan barang titipan kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) atapun kunjungan orang ke Rutan Ambon. “Nantinya alat ini akan kita tempatkan pada pintu portir dan ruang penggeledahan barang, mengingat beberapa hari kemarin kita telah mendeklarasikan Zero Handphone, semoga dengan adanya alat ini dapat membantu melacak dan mendeteksi handphone maupun benda-benda logam lainnya yang akan masuk de dalam Rutan, ujar Jefry.

Senada dengan KPR, Pelaksana Tugas Kepala Rutan, Fifi Firda berharap alat tersebut dijaga dan dirawat dengan baik. Pasalnya, dengan adanya alat ini pekerjaan petugas dalam melakukan penggeledahan terhadap benda-benda logam yang tidak terjangkau oleh mata dan tangan dapat terbantu.

Astrid F. Handayani selaku Kepala Subseksi Keamanan dan Ketertiban Lapas Perempuan Ambon, menuturkan  dengan adanya alat body scanner atau metal detector ini dapat membantu petugas pengamanan dalam menjaga keamanan dan ketertiban. Tak hanya itu, dengan alat ini juga dapat mengidentifikasi barang bawaan yang tersembunyi dan tidak diizinkan masuk ke dalam Lapas.

“Setiap orang yang keluar masuk area Lapas harus benar-benar steril agar keamanan dan ketertiban di area Lapas tetap terjaga dengan baik,ujarnya.

Jajaran Pengawasan dan Penegakan Disiplin (Wasgakin) LPKA Ambon yang menerima sarana prasarana (sarpras) pendukung keamanan dan ketertiban di ruang Pusat Informasi LPKA Ambon juga menuturkan hal yang sama. Sarpras tersebut diberikan oleh Kepala Subbagian Umum LPKA Aambon, Nober Hasanda dan diterima langsung Kepala Seksi Wasgakin, Zulkifli Salampessy.

“Semoga Jajaran Pengawasan dapat menggunakan sarpras tersebut dengan baik, sesuai dengan fungsinya,” harap Nober.

Sementara itu, Zulkifli menegaskan sarpras tersebut sangat dibutuhkan oleh jajaran Wasgakin karena sangat menunjang tugas dan fungsi pengaman di LPKA Ambon. “Terima kasih kepada Ditjenpas yang sudah mengalokasikan sarpras ini untuk kami. Tentunya sarpras ini akan menunjang dan memaksimalkan jajaran Wasgakin dalam menjalankan tugas dan fungsi dalam melakukan pengamanan,” tutup Zulkifli. (prv)

 

Kontributor: Rutan Ambon, LPP Ambon, LPKA Ambon

What's Your Reaction?

like
1
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0