Terima Tahanan Baru, Lapas & Rutan Lakukan Pemberkasan & Cek Kesehatan

Terima Tahanan Baru, Lapas & Rutan Lakukan Pemberkasan & Cek Kesehatan

Ambon, INFO_PAS - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Ambon menerima 15 tahanan baru dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Ambon. Selasa (15/3). Tahanan tersebut sebelumnya dititipkan di Rutan Kepolisian Daerah Maluku dan Direktorat Reserse Narkoba Maluku.

Kepala Subseksi (Kasubsi) Pelayanan Tahanan, Dorsina Jadera, menjelaskan penerimaan tahanan baru yang dilakukan tetap sesuai dengan surat edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan (Dirjenpas) Nomor: PAS-20.PR.01.01 Tahun 2020 di mana tahanan AIII atau yang sudah inkracht yang dapat diterima. Ketika tahanan dikirim dari Kejari Ambon, berkas-berkasnya akan diperiksa ulang oleh petugas Rutan Ambon guna mencegah adanya tahanan yang masih berstatus AII.

"Nantinya juga akan ada pemeriksaan kesehatan tahanan oleh petugas kesehatan Rutan Ambon untuk memastikan kondisi mereka benar-benar dalam keadaan sehat dan terbebas dari penyakit apapun," ucap Dorsina.

Menurutnya, selain pemeriksaan kesehatan, pemberkasan juga diperhatikan dengan baik sebagai salah satu syarat administratif di mana setiap tahanan yang masuk ke Rutan harus melampirkan surat keterangan Antigen. "Sebagai langkah antisipasi penyebaran COVID-19 di Rutan, tahanan baru diwajibkan memakai masker, mencuci tangan sebelum masuk melewati pintu 1, mengukur suhu tubuh, dan tentunya menjaga jarak,"  terang Dorsina.

Tahanan yang sudah selesai pemeriksaan kesehatan dan pemberkasan serta dinyatakan dapat diterima di Rutan Ambon nantinya akan dimasukkan ke blok untuk dikarantina selama tujuh hari serta dibacakan tata tertib dan aturan di Rutan Ambon. Jika salah satu aturan dan tata tertib tersebut dilanggar, maka akan dikenakan sanksi. 

Di tempat berbeda, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Saumlaki juga menerima dua tahanan dari Kejari Kepulauan Tanimbar, Selasa (15/3). Penerimaan tersebut berlangsung dengan menerapkan protokol kesehatan.

"Tahanan yang masuk wajib menggunakan memakai masker, mencuci tangan, mengukur suhu tubuh, dan yang paling penting adalah pihak penahan harus melampirkan surat keterangan kesehatan Rapid Tes Antigen dengan hasil negatif sebagai salah satu syarat administratif,” terang Kepala Regu Pengamanan, Jandry.

Sementara itu, Kasubsi Admisi dan Orientasi, David Philippus, menjelaskan tahanan yang diterima akan segera diinput ke dalam Sistem Database Pemasyarakatan (SDP). "Kami kembali terima tahanan AIII dari Kejari Kepulauan Tanimbar yang sebelumnya dititip di Kepolisian Resor Kabupaten Kepulauan Tanimbar, selanjutnya akan didata ke dalam SDP,” jelasnya.

Pada kesempatan berbeda, Pelaksana Harian Kepala Lapas (Kalapas) Saumlaki, Ridwan Rumalutur, memastikan tahanan yang diterima harus sesuai dengan prosedur yang berlaku. Selanjutnya, mereka akan diisolasi selama 14 hari ke depan.

"Pastikan hak-hak mereka jangan dibatasi, jangan ada unsur-unsur kekerasan. Mereka akan diisolasi dan nantinya dilakukan masa pengenalan lingkungan,” pungkas Ridwan.

Pengawasan terhadap pelayanan registrasi tahanan dan narapidana baru juga dilakukan Tim Satuan Operasional Kepatuhan Internal (Satops Patnal Lapas) Kelas III Wahai, Selasa (15/3). Hal ini dilakukan guna memastikan semua yang dilakukan registrator sesuai SOP yang berlaku dan deteksi dini berbagai potensi terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban (kamtib).

Kepala Urusan Tata Usaha yang merupakan salah satu anggota Satops Patnal, Muhammad Alhamid, menjelaskan pengawasan ini perlu dilakukan sebagai antisipasi gangguan kamtib sesuai arahan Dirjenpas bahwa salah satu dari Tiga Kunci Pemasyarakatan Maju adalah deteksi dini. Selain itu, pengawasan juga dilakukan atas pemenuhan hak Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) lainnya, seperti hak untuk mendapatkan perawatan.

“Kami terus melakukan deteksi dini terhadap pelaksanaan tugas yang bermuara pada kontrol terhadap pemenuhan hak WBP,” tegas Alhamid.

Sementara itu, Kasubsi Admisi dan Orientasi, La Joi, menambahkan pengawasan yang dilakukan Satops Patnal merupakan hal baik demi antisipasi kesalahan atau penyalahgunaan yang dilakukan saat proses registrasi. “Pengawasan yang dilakukan untuk memastikan data yang termuat dalam buku register adalah benar sehingga WBP tidak dirugikan ataupun sebaliknya,” ungkapnya,.

Atas giat ini, Kalapas Wahai, Mansur Namkatu, memberikan apresiasi kepada Tim Satops Patnal. Ini adalah salah satu upaya menciptakan Lapas Wahai yang aman. Lakukan langkah-langkah yang diperlukan untuk memastikan tidak ada gangguan kamtib dan penuhilah hak-hak WBP,” pintanya.

Dari Lapas Perempuan Kelas III Ambon, dua narapidana baru diterima dan diantar langsung oleh petugas Lapas Tual, Selasa (15/3). Narapidana diarahkan untuk mencuci tangan lalu, selanjutnya dipersilakan untuk memasuki area portir untuk dilakukan pemeriksaan berkas administrasi, pemeriksaan kesehatan, dan penggeledahan barang bawaan.

Kalapas Perempuan Ambon, Ellen M. Risakotta, menerangkan penerimaan narapidana dilakukan sesuai protokol kesehatan dengan dilampirkannya surat hasil pemeriksaan Rapid Antigen dari dokter yang menyatakan kondisi kedua narapidana tersebut negatif. “Setelah masuk ke Lapas, barang bawaan kembali disemprotkan cairan disinfektan, kemudian dilakukan penggeledahan untuk memastikan barang bawaan aman dan sesuai aturan. Selanjutnya, petugas melakukan kehamilan dan tes narkotika di mana semua hasilnya negatif,” terangnya.

Hal serupa juga disampaikan Kasubsi Kamtib, Astrid Fifi, yang menyatakan proses penerimaan narapidana pindahan dari Lapas Tualini  telah dilakukan sesuai SOP yang berlaku. “Penggeledahan badan dan barang bawaan telah kami lakukan dengan baik untuk memastikan mereka benar-benar aman,” tuturnya.

Penerimaan narapidana berlangsung lancar dan tertib. Setelah ke-2 narapidana tersebut memenuhi syarat yang telah ditetapkan, maka akan dipersilakan memasuki blok/kamar isolasi Lapas Perempuan Ambon untuk menjalani masa isolasi selama14 hari. (IR)

 

 

Kontributor: Rutan Ambon, Lapas Saumlaki, Lapas Wahai, LPP Ambon

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0