Terima Tahanan Baru, Lapas Sampit Terapkan Prokes COVID-19

Terima Tahanan Baru, Lapas Sampit Terapkan Prokes COVID-19

Sampit, INFO_PAS - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sampit kembali menerima 34 tahanan baru dengan tetap menerapkan protokol kesehatan Coronavirus disease (COVID-19) mulai dari proses masuk hingga proses penempatannya di blok hunian lapas, Senin (15/2). Hal ini berdasarkan Surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan nomor: PAS-20.PR.01.01 Tahun 2020.

Guna mengantisipasi COVID-19, tahanan yang masuk ke Lapas Sampit telah dilakukan rapid test dan pengecekan kesehatan. “Kami menerima 34 tahanan Pengadilan Negeri yang terdiri dari 31 pria dan tiga perempuan. Semuanya dilengkapi dengan hasil rapid nonreaktif. Setibanya di lapas, para tahanan juga dilakukan pendataan dan pengecekan kesehatannya," jelas Kepala Seksi Bimbingan Narapidana/Anak Didik dan Kegiatan Kerja, Suhaimi.

Sementara itu, Agung Supriyanto selaku Kepala Lapas Sampit mengatakan sebelum menerima tahanan baru pihaknya telah mempersiapkan tim penerima serta kamar isolasi yang akan ditempati. “Kami selalu berkoordinasi dengan Aparat Penegak Hukum (APH) setempat demi terwujudnya sinergi yang baik dan menentukan waktu pelaksanaan penerimaan tahanan baru tersebut," ucap Agung.

Ia menambahkan saat masuk ke lapas setiap tahanan akan dicek suhu tubuhnya dan dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan. “Mereka harus menjalani masa isolasi selama 14 hari ke depan di ruang isolasi,” tambah Agung.

Ia juga memberikan apresiasinya kepada seluruh petugas yang tetap semangat dalam melaksanakan tugas dan fungsi serta bersinergi baik dengan APH lain dalam proses penerimaan tahanan baru. “Kita harus selalu memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakat,” pesan Agung.

Terkait vaksinasi, Lapas Sampit telah berkoordinasi dengan Tim Gugus Tugas COVID-19 Kabupaten Kotawaringin Timur agar seluruh petugas Lapas Sampit mendapatkan vaksin COVID-19. “Alhamdulillah, sinergi kami dengan Tim Gugus Tugas COVID-19 telah terjalin dengan baik. Meskipun kami hanya berkoordinasi secara virtual, namun mendapatkan respon positif dengan dimintanya kami untuk mengirim data calon penerima vaksin dari Lapas Sampit," tutur Agung.

Selanjutnya, 78 petugas Lapas Sampit dan dua tenaga honor telah dimasukkan dalam surat serta pengisian data melalui aplikasi sebagai calon penerima vaksin COVID-19. “Semoga segala upaya ini dapat menghentikan pandemi COVID-19,” harap Agung. (IR)

 

 

 

Kontributor: Lapas Sampit

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0