Terima Tahanan Baru, Lapas Sampit Terapkan Protokol Kesehatan

Terima Tahanan Baru, Lapas Sampit Terapkan Protokol Kesehatan

Sampit, INFO_PAS - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sampit mulai melakukan penerimaan tahanan baru, khususnya yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap sebanyak 22 orang, Selasa (23/6). Sebelumnya mereka berada di tahanan Kepolisian Resor Kota Watingin Timur.

Kepala Seksi Pembinaan Narapidan/Anak Didik dan Kegiatan Kerja Lapas Sampit, Suhaimi, menjelaskan penerimaan tahanan dilakukan kembali sejak diterbitkannya Surat Edaran Direktur Jenderal Pemasyarakatan. “Sebelum menerima tahanan baru, kami telah melakukan persiapan berdasarkan protokol kesehatan, seperti penyediaan tempat cuci tangan, box steril, hand sanitizer, pengukur suhu tubuh, petugas khusus, baik petugas medis maupun petugas registrasi, dengan pakaian khusus yang akan menerima tahanan yang baru masuk, bahkan ruang isolasi khusus yang telah disemprot disinfektan,” jelasnya.

Penerimaan tahanan baru di Lapas Sampit dilakukan dengan mengikuti protokol kesehatan, yakni, tahanan harus menggunakan masker saat dibawa ke lapas, melampirkan surat kesehatan terbebas dari Coronavirus disease (COVID-19), pengecekan suhu tubuh, sebelum memasuki area P2U dilakukan penyemprotan disinfektan terhadap barang dan orang, serta mencuci tangan. Selanjutnya, tahanan baru tersebut ditangani tenaga khusus dari bidang registrasi dan kesehatan serta akan menempati ruang isolasi selama 14 hari ke depan dengan tetap dilakukan pengecekan kesehatan oleh petugas kesehatan lapas, baik secara rutin maupun insidentiil.

"Semua kegiatan ini kami lakukan berdasarkan protokol kesehatan sebagai upaya mencegah penyebaran COVID-19 di Lapas Sampit,” tutur Kepala Lapas Ampit, Agung Supriyanto.
 

 


Kontributor: Lapas Sampit

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0