Tes Urin di Lapas Sarolangun, Petugas Negatif Narkoba

Share:

Sarolangun, INFO_PAS – Seluruh petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sarolangun menjalani tes urin sebagai komitmen memberantas peredaran narkoba, Kamis (14/2). Pelaksanaan tes urin dipantau langsung oleh Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum danHAM Jambi, Farid Junaedi.

Hasilnya, tidak ditemukan satupun petugas yang positif menggunakan narkoba. “Jika ada yang tidak mengikuti tes urin tanpa keterangan, silakan menghadap ke saya untuk dimintai keterangan. Jika perlu kita jatuhi hukuman disiplin,” tegas Farid.

Pada kesempatan itu, Farid juga memberikan penguatan tentang akuntabilitas sebagai petugas Pemasyarakatan, pentingnya penguatan integritas, serta saling bersinergi antar petugas. “Kita semua di sini adalah pemimpin. Kita semua punya tanggung jawab menjadi role model bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP),” ujarnya.

Untuk itu, ia meminta Kepala Sub Seksi Keamanan dan Ketertiban Lapas Sarolangun agar melakukan penyegaran terhadap regu jaga yang ada sesuai dengan kebutuhan organisasi. “Silakan bapak-bapak semua kompak dalam melaksanakan tugas, tapi jangan kompak dalam menyalahi aturan. Apalagi kompak menjadi penyalur narkoba ke dalam blok WBP,” pesan Farid.

tes urin di Lapas Sarolangun

Hal senada disampaikan Kepala Lapas Sarolangun, Irwan. “Jangan mentang-mentang petugas, lalu mau seenaknya. Kita ada aturan hukum. Jangankan WBP, petugas sekalipun bermain-main dengan jadi perantara, penyalur handphone, dan narkoba, saya pastikan tidak lebih dari 4 jam surat rekomendasi penjatuhan hukuma disiplin ke kantor wilayah dan pusat sudah dikirim,” tegas Irwan.

Terkait tes urin yang dilakukan, ia memaparkan upaya pemberantasan narkoba di Lapas Sarolangun sudah sejak lama digaungkan, namun hingga detik ini tetap ada saja oknum petugas yang tega berkhianat.

“Kali ini kita harus lebih progres, serius, dan masif. Apalagi dengan kedatangan Aparatur Sipil Negara angkatan 2017 diharapkan dapat menebar pengaruh positif bagi lapas kita,” harap Irwan.

 

 

 

Kontributor: Lapas Sarolangun

Tes Urin di Lapas Sarolangun, Petugas Negatif Narkoba | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya