Tidak Dipungut Biaya, Lapas Kupang Asimilasikan 4 Narapidana

Tidak Dipungut Biaya, Lapas Kupang Asimilasikan 4 Narapidana

Kupang, INFO_PAS - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kupang kembali melaksanakan pembebasan empat narapidana dalam rangka Asimilasi di rumah, Selasa (11/5). Kepala Subseksi (Kasubsi) Bimbingan Kemasyarakatan dan Perawatan (Bimkemaswat) Lapas Kupang, Maxi Arion Adu, mengatakan keempat narapidana tersebut dibebaskan dari Lapas menindaklanjuti Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor 32 Tahun 2020 tentang Syarat Pemberian Asimilasi dan Hak Integrasi Bagi Narapidana dan Anak dalam rangka Penanggulangan Penyebaran COVID-19.

 

“Kami kembali melakukan pelepasan terhadap empat narapidana untuk menjalani Asimilasi di rumah masing-masing sebagai salah satu langkah strategis untuk memutus mata rantai penyebaran COVID-19 di Lapas,” jelas Maxi.

 

Lebih lanjut, ia menjelaskan keempat narapidana yang dikeluarkan telah memenuhi seluruh persyaratan, baik substantif dan administratif dan pengurusannya tidak dipungut biaya atau gratis “Syarat substantif Asmilasi di rumah adalah telah menjalani ½ masa pidana dimana 2/3 masa pidananya di bawah tanggal 30 Juni 2021 dan tentunya pelayanan yang kami berikan di sini tidak dipungut biaya atau gratis,” tegas Maxi.

 

Maxi juga berharap keempat narapidana untuk selalu mentaati peraturan selama menjalani Asimilasi di rumah dan tidak melakukan pelanggaran hukum lagi. “Untuk memperoleh Asimilasi dan Integrasi ini tidaklah mudah sehingga saya berharap saudara sekalian untuk menghargai proses ini dengan mentaati seluruh peraturan dan tidak lagi melakukan pelanggaran hukum,” pintnya.

 

Empat orang narapidana yang diikutkan dalam Asimilasi di rumah kali ini adalah narapidana berinisial Am, RR, CY, dan PM. Surat pembebasan tersebut langsung diserahkan Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kupang didampingi Kepala Seksi Pembinaan Narapidana/Anak Didik, Kasubsi Registrasi, dan Kasubsi Bimkemaswat.

 

Salah satu WBP, RR, mengucapkan terima kasih kepada Lapas Kupang atas perhatian dan pelayanan yang diberikan selama berada di Lapas. Ia juga berharap semoga ke depannya Lapas Kupang menjadi lebih baik.

 

“Terima kasih kepada Bapak Kalapas dan seluruh petugas yang telah menjaga, membina, membimbing, dan melayani kami dengan baik selama menjalani pidana di Lapas,” ucapnya. (IR)

 

 

 

 

Kontributor: Lapas Kupang

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0