Tiga Orang Narapidana Lapas Sukamara Terima Hak Program Integrasi

Tiga Orang Narapidana Lapas Sukamara Terima Hak Program Integrasi

Sukamara, INFO_PAS, - Lembaga Pemasyarakatan Kelas III Sukamara memberikan program Cuti Bersyarat (CB) dan Pembebasan Bersyarat (PB) terhadap tiga orang narapidana atau warga binaan pemasyarakatan (WBP) yang telah memenuhi persyaratan dan telah mengikuti program pembinaan dengan baik di Lapas sesuai dengan peraturan Perundang-undangan yang berlaku, Senin(13/09).

Kalapas Sukamara, Joko Prayitno menyampaikan bahwa akan terus mengoptimalkan pelayanan yang diberikan, khususnya bagi Warga Binaan. "Setiap Warga Binaan kami yang telah memenuhi persyaratan untuk diajukan Program Integrasi akan segera kami tindaklanjuti, sehingga hak-hak mereka dapat terpenuhi,"  ucapnya.

Berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Nomor 03 Tahun 2018, di dalamnya disebutkan bahwa Cuti Bersyarat dan Pembebasan Bersyarat merupakan program pembinaan untuk mengintegrasikan Narapidana dan Anak ke dalam kehidupan masyarakat setelah memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.

Ditempat sama Rizky Abadi selaku Staf Admisi dan Orientasi menjelaskan bahwa proses pengusulan Program Integrasi bagi Warga Binaan telah diusulkan jauh-jauh hari harus dilengkapi syarat dan berkas dari keluarga penjamin. "Untuk 3 (tiga) orang Warga Binaan ini sebelumnya syarat dan berkas administratif sudah kami usulan melalui Sistem Database Pemasyarakatan (SDP) dan saat ini Surat Keputusan Program Integrasi mereka telah turun, sehingga langsung kami berikan kepada Narapidana yang bersangkutan," jelasnya.

Pada prinsipnya Sistem Pemasyarakatan berfungsi menyiapkan Warga Binaan Pemasyarakatan agar dapat berintegrasi secara sehat dalam bermasyarakat. Dengan demikian, Warga Binaan Pemasyarakatan dapat berperan kembali sebagai anggota masyarakat yang bebas dan bertanggung jawab.

 

 

Kontributor : Humas Lapas Sukamara

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0