TPP Rutan Ambon Kembali Bersidang, Bahas Program Asimilasi & Integrasi

TPP Rutan Ambon Kembali Bersidang, Bahas Program Asimilasi & Integrasi

Ambon, INFO_PAS – Tim Pengamat Pemasyarakatan (TPP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Ambon kembali bersidang, Senin (7/3). Selain TPP Rutan Ambon, hadir pula Pembimbing Kemasyarakatan Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas II Ambon dan Pelaksana Tugas Kepala Bapas Ambon, Fifi Firda.

Materi sidang kali ini membahas usulan Asimilasi di rumah bagi enam Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Cuti Bersyarat bagi delapan WBP, Pembebasan Bersyarat bagi satu WBP, dan tahanan pendamping bagi empat WBP. “Semua pengurusan di Rutan Ambon, baik pengusulan Asimilasi di rumah maupun program Integrasi, dilakukan tanpa pungutuan biaya apapun atau gratis. Hal ini dilakukan sebagai komitmen dalam membangun Pemasyarakatan yang bersih tanpa pungutan liar,” tegas Kepala Subseksi Pelayananan Tahanan, Dorsina Jadera, selaku Ketua TPP.

Ia meminta WBP yang menjalani Sidang TPP agar selalu bersikap baik dan menaati semua aturan di Rutan Ambon. “Jika nantinya kedapatan WBP dengan sengaja melanggar aturan selama proses pengusulan berlangsung, maka pengusulannya akan dicabut dan dibatalkan, tentunya dengan pemantauan dari Bapas Ambon,” ucap Dorsina.

Sidang TPP tersebut dilaksanakan mengacu pada Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Permenkumham) RI Nomor 43 Tahun 2021 tentang Perubahan Kedua atas Permenkumham RI Nomor 32 Tahun 2020 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Asimilasi, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat bagi Narapidana dan Anak dalam rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran COVID-19. (IR)

 

Kontributor: Rutan Ambon

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0