Usai PKL & KKN di Lapas Ambon, Siswa SMK & Mahasiswa FH Mengaku Lebih Disiplin

Share:

Ambon, INFO_PAS – Enam siswa SMK Negeri 6 Ambon dan sembilan mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Pattimura mengaku menjadi lebih disiplin selama melaksanakan Program Kerja Lapangan (PKL) dan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Ambon. Hal ini disampaikan koordinator mahasiswa KKN, Stevi Levtungan, saat acara pelepasan siswa KKN di Lapas Ambon, Sabtu (12/5) lalu.

“Kami ikut merasakan dinamika dalam melaksanakan pembinaan terhadap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) maupun rumitnya melaksanakan bimbingan kerja kemandirian terhadap WBP. Dengan partisipasi dan kesempatan yang diberikan pada kami selaku mahasiswa KKN, secara langsung kami ikut bersemangat dan merasakan jiwa korsa sebagai petugas Pemasyarakatan,” ucap Stevi.

Sebelumnya, para siswa dan mahasiswa tersebut telah menjalani PKL dan  KKN selama dua bulan di Lapas Ambon. Mereka pun diberi kesempatan untuk menyampaikan pesan dan kesan selama menjalani KKN.

perpisahan siswa PKL dan mahasiswa KKN

“Perlu ada terobosan konkret agar barang-barang yang dilarang tidak lagi ditemukan saat melakukan razia, seperti handphone dan peralatan masak di kamar blok. Untuk itu, pembinaan mental WBP perlu ditingkatkan agar mereka betul-betul menyadari keberadaan mereka dan timbul efek jera jangan lagi melakukan pelanggaran hukum,” harap Stevi.

Pada kesempatan itu, Kepala Lapas Ambon, La Samsudin, turut memberikan motivasi kepada para siswa dan mahasiswa agar terus giat belajar.  “Kami memberikan kesempatan untuk para siswa maupun mahasiswa untuk belajar dan menimba ilmu di sini agar secara langsung dapat mengetahui dan merasakan bagaimana penegakan hukum yang berkaitan dengan pembinaan terhadap para pelanggar hukum. Semoga ilmu dan pengalaman yang diperoleh dapat memberikan kontribusi dan bermanfaat dalam upaya pembangunan bangsa dan negara yang sangat kita cintai ini,” harap La Samsudin.

 

 

Kontributor: Kardin Laucu

Usai PKL & KKN di Lapas Ambon, Siswa SMK & Mahasiswa FH Mengaku Lebih Disiplin | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya