Usulkan Integrasi Narapidana, Lapas Sampit Berikan Treatment Khusus

Usulkan Integrasi Narapidana, Lapas Sampit Berikan Treatment Khusus

Sampit, INFO_PAS – Perlakuan khusus diberikan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sampit kepada para narapidana yang akan diusulkan untuk mendapatkan program integrasi sosial berupa Pembebasan Bersyarat (PB) dan Cuti Bersyarat (CB). Hal ini disampaikan Kepala Seksi Pembinaan Narapidana/Anak Didik dan Kegiatan Kerja, Suhaimi, Selasa (15/6).

Menurut Suhaimi, treatment khusus yang dilakukan berupa pemberian motivasi kepada 11 orang narapidana yang akan diusulkan program PB, tiga orang narapidana diusulkan program CB, dan dua orang narapidana diusulkan program Asimilasi rumah. Hal ini dilakukan agar selama proses pengusulan, para narapidana tersebut tetap aktif dalam mengikuti program pembinaan.

“Diharapkan mereka tetap melaksanakan dan tidak melanggar tata tertib agar tidak menggagalkan proses pengusulan program integrasi, serta setelah mendapatkan program integrasi nantinya pun untuk tetap mematuhi ketentuan selama menjalani program integrasi sosial,” tutur Suhaimi.

Kepala Lapas (Kalapas) Kelas IIB Sampit, Agung Supriyanto menyampaikan apresiasinya kepada semua pegawai yang selalu memberikan motivasi dan arahan kepada seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan untuk tetap mematuhi tata tertib Lapas. Menurutnya, secara psikologis masa-masa mendekati pembebasan dari Lapas adalah masa yang rawan bagi narapidana.

“Mendekati pembebasan dari Lapas, baik bebas murni maupun proses integrasi sosial, adalah masa yang rawan. Di mana dikhawatirkan para narapidana merasa senang yang berlebihan hingga lupa akan tata tertib Lapas dan melanggarnya. Ini akan berimbas pada gagalnya proses pengusulan integrasi sosial. Untuk itu langkah ini sangatlah tepat,” pungkas Kalapas. (prv)

 

Kontributor: Humas Lapas Sampit

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0