Utamakan Narapidana Dekat Keluarga, Rutan Manado Sidang TPP Usulan Pemindahan

Utamakan Narapidana Dekat Keluarga, Rutan Manado Sidang TPP Usulan Pemindahan

Manado, INFO_PAS - Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIA Manado menggelar Sidang Tim Pengamat Pemasyarakatan (TPP), Senin (21/9), dihadiri oleh jajaran petugas Rutan Manado, serta Pembimbing Kemasyarakatan (PK) Balai Pemasyarakatan (Bapas) Kelas I Manado. Kegiatan ini merupakan siding TPP awal di masa pandemi yang dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan.

Sidang TPP dibuka oleh Kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan Rutan Manado selaku Ketua TPP Rutan, Wahyono S.E.,S.H. Adapun materi sidang adalah membahas terkait usulan pindah menjalani sisa pidana bagi dua orang narapidana Rutan Manado untuk dipindahkan ke Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Lirung, Sulawesi Utara.

Kepala Sub Seksi Pelayanan , Wahyono menyampaikan bahwa sidang kali ini sudah melalui proses Penelitian Kemasyarakatan (litmas) oleh PK Bapas. “Selanjutnya hasil dari sidang TPP akan diteruskan kepada Kepala Rutan Manado dan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Utara, dalam hal ini Divisi Pemasyarakatan,” ujarnya.

Alasan yang menjadi fokus kita dalam proses pemindahan adalah keluarga dari narapidana tersebut berdomisili dekat dengan lapas yang dituju. Kami dari pihak TPP Rutan Manado menyetujui usulan pindah narapidana tersebut, karena memang unsur keluarga merupakan faktor utama dalam proses usulan pemindahan agar mereka lebih dekat,” tambah Wahyono.

Hal senada disampaikan oleh Myke Ratu selaku PK Muda Bapas Kelas I Manado. Pihaknya menyampaikan bahwa tim PK telah menyetujui untuk diadakan pengajuan proses pindah ke Lapas Kelas III Lirung yang sebelumnya sudah dilakukan sidang TPP internal di Bapas Kelas I Manado.

“Hal yang mendasari Permintaan untuk Pindah tersebut karena klien kami jauh dari keluarga. Keluarga klien sebelumnya sering membesuk, beberapa waktu terakhir kesulitan untuk membesuk dikarenakan faktor ekonomi yaitu biaya perjalanan yang tinggi dari Lirung menuju Manado serta kondisi kesehatan klien kami yang butuh perhatian keluarga,” terang Myke.

 

Kontributor: Humas Rutan Manado

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0