Walau Libur, Bapas Pati Tetap Buka Layanan Konseling

Share:

Pati, INFO_PAS – Ada pemandangan menarik di Balai Pemasyarakatan (Bapas) Pati, Minggu (13/1). Seorang kakek berusia 60 tahun didampingi putri-putrinya dengan semangat 45 memenuhi kewajibannya wajib lapor di Bapas Pati.

“Saya seminggu lalu abis operasi prostat dan batu ginjal. Saya datang ke sini sesuai dengan kewajiban dan janji saya untuk lapor setiap bulan,” ucap kakek yang terkait kasus narkotika itu.

Apresiasi pun disampaikan Kepala Bapas Pati, Giyanto. “Saya bantu pakai kursi roda ya Pak. Kebetulan kami punya sumbangan dari BRI Pati,” ujarnya kala melakukan konseling kepada salah satu klien yang wajib lapor.

Kakek tersebut menolak secara halus dengan alasan saran dokter untuk latihan berjalan agar aliran seninya lancar. “Yang membuat kagum adalah semangatnya untuk lapor diri walaupun dalam kondisi kantung urin masih menempel di perutnya dan tangannya masih melekat plester bekas infus,” tutur Giyanto.

bimbingan klien di hari libur

Selanjutnya, ia turun langsung membantu staf yang piket karena banyaknya klien yang lapor di hari libur serta baru keluar menjalani Cuti Bersyarat dari Lembaga Pemasyarakatan Pati dan Rumah Tahanan Negara Jepara. Sejak diberlakukannya pelayanan di hari libur, banyak klien yang memenuhi kewajibannnya pada hari tersebut karena sibuk bekerja atau sekalian mengajak keluarga jalan-jalan.

“Kewajiban wajib lapor harus selalui kami ingatkan kepada klien karena sudah menjadi konsekuensi dari program reintegrasi yang mereka jalani. Jangan lupa untuk memberikan bimbingan, motivasi, dan apresiasi atas kepatuhannya,” pesan Giyanto kepada staf yang sedang tugas piket.

Ia menegakan walaupun hari libur, pihaknya berkomitmen memberikan pelayanan terbaik. “Memang berat bertugas di hari libur saat rekan-rekan lainnya sedang bersama keluarga menikmati akhir pekan. Namun, lelah kami terbayar dengan melihat klien-klien dengan wajah cerah dapat segera pulang untuk berkumpul bersama keluarga. Semoga pelayanan kami menjadi ibadah sesuai semboyan kerja keras, kerja cerdas, dan kerja ikhlas. We will do the best and always the best,” janji Giyanto.

 

 

Kontributor: Indrat

Walau Libur, Bapas Pati Tetap Buka Layanan Konseling | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya