WBP Bebas Asimilasi, Ini Pesan Kalapas Perempuan Ambon

WBP Bebas Asimilasi, Ini Pesan Kalapas Perempuan Ambon

Ambon, INFO_PAS - Satu Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas III Ambon kembali menjalani program Asimilasi di rumah, Kamis (12/8). Ia dibebaskan berdasarkan Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Permenkumham)  RI Nomor 24 Tahun 2021 tentang Perubahan atas Permenkumham RI Nomor 32 Tahun 2020 tentang Syarat dan Tata Cara Pemberian Asimilasi, Pembebasan Bersyarat, Cuti Menjelang Bebas, dan Cuti Bersyarat bagi Narapidana dan Anak dalam rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran COVID-19.

Kepala Lapas Perempuan Ambon, Ellen M Risakotta, memberi arahan dan pesan agar WBP tersebut tidak berperilaku buruk dan tidak mengulangi kesalahan yang sama. "Terus-menerus saya ingatkan kepada setiap WBP yang menjalani Asimilasi bahwa hal ini bukan berarti mereka bebas murni, tetapi masih ada aturan-aturan yang harus dijalankan, salah satunya wajib lapor ke Balai Pemasyarakatan (Bapas) serta tetap patuhi bimbingan yang disampaikan Pembimbing Kemasyarakatan,” tegasnya.

Pengeluaran WBP dilaksanakan tanpa dipungut biaya atau secara gratis. Surat Keputusan (SK) Asimilasi diberikan langsung oleh Kepala Subseksi Pembinaan, Wa Otje kepada WBP didampingi keluarga mereka. "WBP yang dikeluarkan telah memenuhi syarat untuk menjalani program Asimilasi. Ini merupakan pengeluaran yang ke sekian kalinya. Hingga kini jumlah WBP Lapas Perempuan Ambon yang telah menjalani Asimilasi di rumah pada tahun 2021 adalah 27 orang," imbuh Otje.

 

Setelah diberikan pengarahan dan SK Asimilasi di rumah, WBP  tersebut diserahkan ke pihak Bapas Ambon untuk laporan awal sekaligus dilakukan pembimbingan dan pengawasan oleh petugas Bapas. (IR)

 

Kontributor: LPP Ambon

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0