WBP Bebas, Ini Pesan Kalapas Kupang

WBP Bebas, Ini Pesan Kalapas Kupang

Kupang, INFO_PAS – Kepala Lembaga Pemasyarakatan (Kalapas) Kelas IIA Kupang, Badarudin, berharap Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) yang bebas belajar dari kesalahan dan memetik pelajaran selama di dalam lapas. Hal ini disampaikannya saat mengantar WBP an. AZ ke pintu utama Lapas Kupang di hari kebebasannya, Sabtu (9/11).

“Jadilah pribadi yang lebih baik dan dapat membangun Nusa Tenggara Timur menjadi lebih baik lagi. Semoga kita masih bisa bertemu lagi, tapi bukan sebagai narapidana lagi,” canda Kalapas kepada AZ.

“Tentunya kami berharap yang terbaik. Saya rasa beliau sudah banyak belajar dari kesalahan dan juga banyak pelajaran yang didapat selama di dalam lapas,” tambah Badarudin.

Kebebasan AZ pun disambut oleh keluarganya mengingat ia merupakan salah satu tokoh adat yang dituakan di desanya. Bahkan, ia disambut tari-tarian dan gong oleh keluarga besarnya tanda. Selain ucapan syukur, tarian ini juga dimaknai sebagai dukungan untuk keluarga yang mengalami masalah agar tetap tabah dan bangkit.

Nilai-nilai kebersamaan dan persatuan sangat terasa dalam tarian ini dimana mereka berkumpul untuk menyatukan rasa dan saling mendukung saat salah satu dari mereka sedang mengalami masalah atau musibah. Selain itu, tarian ini juga dijadikan sebagai media untuk mempererat hubungan sosial yang terjalin di antara mereka.

Tarian ini biasanya dimainkan oleh 4-6 penari perempuan dan satu penari pria yang diawali dengan penari perempuan yang menari dengan gerakan yang lincah dan khas sambil memainkan kain selimut yang digunakan untuk menari. Sampai di tengah pertunjukan, penari pria muncul ke dalam arena sambil menari dengan gerakannya yang khas diiringi para penari perempuan.

Gerakan penari perempuan dan pria pun berbeda. Gerakan penari perempuan lebih didominasi gerakan kaki yang menghentak dan gerakan tangan memainkan kain selimut yang digunakan untuk menari. Dengan mengikuti irama musik, pengiring penari perempuan menari dengan gerakan yang lincah, namun terlihat anggun.

 

 

Kontributor: Momo

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0