WBP Budha Lapas Gunung Sindur Rayakan Tri Suci Waisak 2563 BE

Share:

Bogor, INFO_PAS – Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Budha Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Gunung Sindur merayakan Hari Raya Trisuci Waisak 2563 BE 2019 di Vihara Bodisattva Nagajurna, Minggu (19/5). Pelaksanaan ibadah Waisak turut menggandeng Yayasan Dasa Paramita Tangerang.

“Tujuan dari perayaan Waisak 2563 BE di Lapas Gunung Sindur adalah mengajak WBP Buddha untuk melakukan evaluasi diri sekaligus memperingati Tri Suci Waisak, yakni memperingati tiga momentum penting, yaitu kelahiran orang suci, pencapaian kebuddhaan, dan meninggalnya Buddha Gautama,” tutur Kepala Lapas Gunung Sindur, Sopiana

Ia menjelaskan WBP Budha yang mendapatkan Remisi Khusus (RK) Hari Raya Waisak berjumlah 11 orang, yaitu 1 bulan ada 7 orang, 1 bulan 15 hari ada 3 orang, serta 2 bulan ada 1 orang. Terdapat 4 WBP Budha yang tidak mendapatkan RK Waisak karena merupakan terpidana seumur hidup, 1 orang pidana hukuman mati, 1 orang BIIIS, 1 orang belum 1/3 dari masa pidana. Jadi, seluruhnya berjumlah 15 orang.

ibadah Waisak di Lapas Gunung Sindur

“Kami mengucapkan selamat memperingati Tri Suci Waisak kepada WBP Buddha di Lapas Gunung Sindur. Semoga berkah Tri Suci Waisak membawa kebahagiaan dan kedamaian bagi seluruh umat manusia,” ucap Sopiana

Sementara itu, Romo Litar dari Yayasan Dasa Paramita Tangerang menyampaikan rasa syukur bisa merayakan Hari Waisak 2563 bersama WBP Lapas Gunung Sindur dengan melakukan puja dan bermeditasi yang diawali dengan persembahan lilin, buah, dan pembacaan parita untuk mengenang perjuangan awal Pangeran Sidarta hingga pencapaian kebudhaan dan meninggalnya Sang Budha Gautama.

“Semoga WBP bisa memperbaiki diri, meneladani, dan mempraktikkan apa yang Sang Budha ajarkan,” harapnya.

 

 

 

Kontributor; Lapas Gunung Sindur

WBP Budha Lapas Gunung Sindur Rayakan Tri Suci Waisak 2563 BE | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya