WBP Lapas & Rutan Kendari Didorong Jadi Wirausaha Baru Produktif

Share:

Kendari, INFO_PAS – Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Tenggara, Sofyan, bersama Kepala Divisi Pemasyarakatan membuka Pelatihan Wirausaha Baru Produktif bekerja sama dengan Unit Pelayanan Terpadu Perdagangan (UPTP) Balai Peningkatan Produktivitas (BPP) Kendari, Senin (20/5). Bertempat di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Kendari, turut hadir Kepala Lapas Perempuan Kendari dan Kepala Rutan Kendari.

Peserta pelatihan merupakan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kendari dan Rutan Kendari masing-masing 10 orang. Rencananya perlatihan tersebut akan berlangsung selama lima hari hingga Jumat (24/5).

Tujuan pelatihan ini adalah membangkitkan motivasi berwirausaha dan meningkatkan kemampuan produksi baru WBP sehingga saat keluar dari lapas ataupun rutan dapat membuka pekerjaan sendiri dan diterima oleh masyarakat. “Wirausaha kecil itu bisa menjadi luar biasa, bagaimana mengolah hal yang terbuang didaur ulang menjadi hal yang berguna,” tutur Sofyan.

Ia berharap 20 WBP tersebut mampu menciptakan inovasi baru sebagai pertanggungjawaban kepada negara dalam mengikuti pelatihan tersebut yang dibiayai oleh negara. “Kalian harus bisa membawa nama lapas/rutan dengan membuat inovasi baru serta membawa perubahan sebelum dan sesudahnya begitu keluar dari sini agar bisa berwirausaha sehingga dapat diterima di masyarakat khalayak,” pesan Sofyan.

Pada kesempatan yang sama, Kepala UPTP BPP Kendari, Andi Asriani Poke, mengapresiasi kerja sama yang telah terjalin. “Semoga kerja sama ini tetap berjalan dan semakin berkembang sesuai kebutuhan perkembangan zaman, ada perubahan sikap mental dan bangkit kearah yang lebih baik, serta menggali potensi diri meraih positifnya untuk masa depan yang lebih cerah dan berguna bagi masyarakat,” pungkasnya.

 

 

 

 

Kontributor: Samsiah

WBP Lapas & Rutan Kendari Didorong Jadi Wirausaha Baru Produktif | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya