WBP Rutan Bantul Mampu Hasilkan Produk Bernilai Jual

Share:

Bantul, INFO_PAS – Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Bantul berhasil merampungkan Pelatihan Berbasis Kompetensi Program Peningkatan Kompetensi Tenaga Kerja Produktivitas yang digelar Rutan Bantul bersama Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bantul. Pelatihan tersebut ditutup oleh Kepala Rutan (Karutan) Bantul, Soleh Joko Sutopo, serta Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bantul, Aryadi, Kamis (13/6).

Sebelumnya, pelatihan telah digelar sejak 30 April 2019. “Semoga kerja sama yang baik ini akan bisa memberikan bekal keterampilan bagi WBP setelah bebas nanti sehingga mampu menjadi pribadi yang mandiri dan kreatif yang mampu menjadi sumber ekonomi bagi keluarganya,” harap Soleh.

Ia menuturkan jelang Idulfitri lalu, WBP Rutan Bantul telah mampu menghasilkan produk sehingga mendapatkan premi untuk dikirimkan kepada keluarga, yakni anak dan istri. “Meski tidak seberapa, tapi ini wujud nyata keseriusan pembinaan kemandirian dan keterampilan di Rutan Bantul,” tambah Soleh.

penutupan pelatihan di Rutan Bantul

Kepada WBP yang telah selesai menjalani pelatihan, Soleh pun menyampaikan pesan. “Saya berpesan selepas mengikuti pelatihan ini kalian mampu mengaplikasikan kemampuan dan keterapilan saat menjalani kehidupan di luar sana,” pesan Karutan.

Sementara itu, Aryadi selaku Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bantul mengucapkan terima kasih atas kerja sama dan sambutan yang baik dari pihak rutan. “Saya bangga melihat hasil produk yang dibuat WBP. Sudah layak jual,” pujinya.

Lebih lanjut, Aryadi berharap ilmu yang didapat ini bisa terus diasah dan dikembangkan sehingga saat bebas bisa mampu menjadi ahli meubel yang mumpuni. Tak lupa, ia mengapresiasi Rutan Bantul karena secara serius membina WBP dengan membekali keterampilan dan kemandirian yang banyak dan beragam.

“Kami selalu siap bekerja dengan Rutan Bantul dalam hal pembinaan keterampilan seperti ini,” janjinya.

 

 

Kontributor: Arif Jumhan

WBP Rutan Bantul Mampu Hasilkan Produk Bernilai Jual | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya