WBP Rutan Jantho Belajar Dalail Khairat

Share:

Jantho, INFO_PAS – Kepala Rumah Tahanan Negara (Karutan) Jantho, Yusnaidi, bersama salah seorang Calon Pegawai Negeri Sipil mengajari Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) dalail khairat, Rabu (8/8). Kegiatan yang diikuti oleh beberapa WBP ini berlangsung di mushala Rutan Jantho.

Dikatakan Karutan, pembelajaran dalail khairat ini rutin diadakan setiap Hari Rabu dengan pengajar Kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan, Bustari, dan stafnya, Sanusi A, Jalil.

“Hari ini saya ada sedikit longgar kegiatan di kantor, maka saya yang mengajari WBP dalail khairat,” kata Yusnaidi.

Sebelumnya, kegiatan belajar dalail khairat untuk WBP sudah pernah dilaksanakan di Rutan Janthopada malam hari. “Sebelummya malam hari dilaksanakan acara dalail khairat ini karena yang ikut para tamping, tapi sekarang kita laksanakan pada siang hari karena para WBP yang bukan tamping mau ikut juga,” kata Karutan.

WBP belajar dalail khairat

Selain dalail khairat, kegiatan pembinaan keagamaan di Rutan Jantho juga meliputi pengajian Al Quran yangseperti belajar tajwid dan irama setiap Hari Senin dan Jumat.

“Pengajarnya Bapak Sanusi yang merupakan sesepuh atau yang paling dituakan di Rutan Jantho,” tambahnya.

Adapula pengajian kitab kuning dilaksanakan Hari Selasa, Kamis, dan Sabtu bekerja sama dengan MPU Aceh Besar.

Masih menurut Yusnaidi, para WBP yang mengikuti kegiatan secara bergiliran. “Tiap kamar diambil beberapa orang, kecuali Hari Minggu tidak ada kegiatan selain salat berjamaah,” tuturnya.

Para WBP pun menyambut positif kegiatan yang diadakan di Rutan Jantho mulai dari pengajian Al Quran, dalail khairat, hingga pengajian kitab kuning. “Serasa di pesanteren saja kami di sini. Tiap hari kegiatan keagamaan ada walaupun tidak semua bisa mengikuti, tapi kami bisa mendengar dari dalam kamar suara orang mengaji,” kata salah satu narapidana yang kamarnya berdekatan dengan mushala Rutan Jantho.

 

 

Kontributor: Rutan Jantho

WBP Rutan Jantho Belajar Dalail Khairat | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya