Terima kasih tidak mengambil konten tanpa izin

WBP Rutan Masohi Ikuti Penyuluhan Kesehatan Tentang HIV/AIDS

Share:

Masohi, INFO_PAS – Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Masohi mengikuti penyuluhan kesehatan, Kamis (8/8). Bertempat di Aula Rutan Masohi, kegiatan ini merupakan kerja sama Rutan Masohi dan Puskesmas Letwaru Kecamatan Kota Masohi.

Bertema “Mengenal HIV/AIDS,” penyuluhan kesehatan menghadirkan dr. Mega Latuconsina sebagai pemateri. Turut hadir Kepala Sub Seksi Pelayanan Tahanan Rutan Masohi, La Sanudin, didampingi dua petugas medis Rutan Masohi, H. Abd. Gani dan Saleha Tuasikal.

Materi yang disampaikan antara lain penyebab dan penularan HIV/AIDS, pencegahan HIV/AIDS, serta diskusi tentang HIV AIDS. “HIV adalah virus yang merusak sistem kekebalan tubuh dengan menginfeksi dan menghancurkan sel. Semakin banyak sel yang dihancurkan, kekebalan tubuh akan semakin lemah sehingga rentan diserang pelbagai penyakit,” terang dr. Mega.

Ia mengatakan infeksi HIV yang tidak segera ditangani akan berkembang menjadi kondisi serius yang disebut AIDS, yakni stadium akhir dari infeksi virus HIV. Pada tahap ini, kemampuan tubuh untuk melawan infeksi sudah hilang sepenuhnya.

“Sampai saat ini belum ada obat untuk menangani HIV dan AIDS. Akan tetapi, ada obat untuk memperlambat perkembangan penyakit tersebut dan dapat meningkatkan harapan hidup penderita,” tambah dr. Mega.

Antusiasme WBP pun cukup bagus merespon materi dari dr. Mega. Hal ini terbukti dilihat dari beberapa pertanyaan yang disampaikan oleh WBP peserta penyuluhan.

 

 

 

 

 

 

Kontributor: Rutan Masohi 

WBP Rutan Masohi Ikuti Penyuluhan Kesehatan Tentang HIV/AIDS | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya