WBP Rutan Pandeglang Kedatangan Dokter-Dokter Muda UKI

Share:

Pandeglang, INFO_PAS – Sebanyak 80 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Pandeglang mengikuti penyuluhan kesehatan oleh sembilan dokter muda Ilmu Kesehatan Masyarakat dari Fakultas Kedokteran Universitas Kristen Indonesia (UKI), Rabu (13/9).

Kepala Rutan Pandeglang, Fonika Affandi, mengatakan penyuluhan ini sangat bagus dan membantu rutan untuk senantiasa menjaga kesehatan WBP. Ia berharap pola hidup WBP di dalam rutan menjadi lebih baik.

“Selain penyuluhan kesehatan ini, kami juga selalu menjaga kebersihan lingkungan dan melakukan pelayanan kesehatan 24 jam melalui klinik Rutan Pandeglang agar WBP tetap prima dan konsen dalam menjalani proses hukum serta pembinaan,” tutur Fonika.

Kepala Departemen Kedokteran Komunitas UKI, Sudung Nainggolan, mengaku pihaknya sengaja memilih rutan dimana penghuninya rentan terjangkit penyakit menular seperti penyakit Tuberkolosis (TB) dan penyakit kulit Scabies.

Ia berharap kegiatan ini dapat mengubah perilaku WBP yang awalnya tidak peduli menjadi peduli terhadap kesehatannya. Setidaknya, WBP yang sudah terjangkit penyakit menular tidak menularkan penyakitnya terhadap WBP lain.

“Kedatangan kami ke sini merupakan sharing kesehatan dengan masyarakat, khususnya penghuni rutan. Selain bertujuan mengedukasi WBP tentang pentingnya masalah kesehatan, juga menambah wawasan dan evaluasi bagi dokter muda kami yang sedang menjalani proses untuk menjadi dokter,” tandas Sudung.

Hal senada disampaikan salah seorang dokter muda sekaligus koordinator penyuluhan, Benedict Johanes Alvian. Pemilihan materi penyakit TB dan Scabies WBP dinilai tepat karena setelah melakukan pengecekan di klinik Rutan Pandeglang ternyata kebanyakan WBP mengeluhkan penyakit kulit gatal yang disebabkan tungau alias Scabies.

Benedict juga menyarankan WBP agar selalu menjaga kebersihan serta tidak bertukar pakaian dan handuk agar Scabies tidak menular secara luas. “Ini kali pertama kami lakukan penyuluhan kepada penghuni rutan. Sembilan dokter muda kami bergantian menyampaikan penyuluhan. Semoga bisa bermanfaat bagi WBP,” harap Benedict.

 

 

 

Kontributor: Jaenal Abidin 

WBP Rutan Pandeglang Kedatangan Dokter-Dokter Muda UKI | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya