WBP Rutan Rangkasbitung Renovasi 100 Musala Indah

Share:

Rangkasbitung, INFO_PAS – Implementasi sinergi program asimilasi Warga Binaan Pemasyarakatan Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Rangkasbitung dengan Program Renovasi 100 Musala Indah (MUIN) Wali Care Foundation akhirnya terwujud. Pada Minggu (10/2) Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Rutan Rangkasbitung mulai mengerjakan penyelesaian musala di Kampung Cikiara Kecamatan Muncang.

Kepala Rutan (Karutan) Rangkasbitung, Aliandra Harahap, yang turut langsung mengantar dan mengawasi para WBP menyampaikan ini adalah yang sebenarnya dicita-citakan oleh Pemasyarakatan. Ia menyebut Sistem Pemasyarakatan memiliki tiga pilar utama, yaitu, petugas, WBP, dan masyarakat sehingga jika tiga pilar ini saling mendukung dan bersinergi, tujuan pembinaan dalam Sistem Pemasyarakatan akan tercapai.

“Sinergi program kami dengan Wali Care Foundation adalah implementasi real-nya. WBP yang telah diseleksi melalui tahapan pembinaan dan Tim Pengamat Pemasyarakatan melaksanakan program asimilasi dengan terjun langsung ke masyarakat, terlebih lagi renovasi musala. Insya Allah tujuan kita mulia dan diberkahi Allah,” urai Aliandra.

Ia menyadari tugas pembinaan bukan saja tugas petugas Pemasyarakatan semata sehingga mengharapkan seluruh pihak bisa mendukung dan bersama-sama terlibat dalam memberikan pembinaan seperti halnya rasa kepedulian sosial dari Wali Band ini melalui Wali Care Foundation.

renovasi 100 musala oleh WPB Rutan Rangkasbitng

“Kami terbuka bagi pihak luar yang memiliki kepedulian untuk bersama-sama dalam memberikan pembinaan, terlebih lagi yang sifatnya life skill. Pastinya akan sangat bermanfaat bagi WBP untuk bekal mereka selepas menjalani masa pidana. WBP juga akan termotivasi untuk terus menjadi lebih baik lagi” harap Aliandra.

Hal senada disampaikan perwakilan dari Wali Care Foundation, Gacho Wali Care. Ia menyampaikan apresiasinya kepada jajaran Rutan Rangkasbitung serta para WBP yang antusias dan semangat dalam melaksankan program renovasi musala ini.

“Saya melihat sesuatu yang distigmakan orang luar kepada para santri WBP di sini. Mereka terlihat ikhlas, antusias, dan semangat melaksanakan renovasi. Saya tidak melihat raut muka yang negatif. Semoga program ini bisa memotivasi menjadi lebih baik dan bisa cepat beradaptasi dengan lingkungan masyarakat,” harap Gacho.

Renovasi 100 MUIN Wali Care Foudation rencananya akan dilaksanakan dalam beberapa fase. Fase yang dilaksanakan oleh WBP Rutan Rangkasbitung adalah fase akhir yang dikerjakan mulai tanggal 11/15 Februari 2018. Rencananya pada Kamis (15/2) mendatang renovasi 100 MUIN akan diresmikan oleh personel Wali Band dan disaksikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Banten serta Karutan Rangkasbitung dan jajarannya.

 

 

Kontributor: Pratamadzyogas

WBP Rutan Rangkasbitung Renovasi 100 Musala Indah | INFO_PAS | 4.5

Berita Lainnya