20 Anak LPKA Kutoarjo Ikuti Lomba Baca Puisi

20 Anak LPKA Kutoarjo Ikuti Lomba Baca Puisi

Kutoarjo, INFO_PAS – Sebanyak 20 Anak Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Kutoarji mengikuti lomba baca puisi, Rabu (31/3). Kegiatan ini merupakan wujud silaturahmi LPKA Kutoarjo dengan Pimpinan Daerah Aisyiyah (PDA) Kabupaten Purworejo serta untuk meningkatkan dan mengembangkan apresiasi karya sastra.

Dalam kegiatan tersebut, hadir H. Pudjiono selaku Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Purworejo, Murni Rahayu selaku Ketua Lembaga Kebudayaan PDA Purworejo, Ani Kuswati selaku Bendahara, Dyah Ratnaningrum selaku Sekretaris, serta tiga anggota sekaligus juri pada lomba baca puisi tersebut.

Kepala LPKA Kutoarjo, Hari Winarca, mengungkapkan terima kasih, apresiasi, kebanggaan, dan kebahagiaan tersendiri kepada PDA Purworejo karena sangat peduli dengan Anak. Selain sebagai amanah dalam ajaran agama, Anak juga perlu perhatian masyarakat.

"Aisyiyah bukan hal asing lagi karena sebelumnya ketika di Bengkulu pernah menjalin kerja sama yang baik dengan PDA setempat. Kerja sama dan saling bersinergi untuk kegiatan Anak ini penting sehingga ketika selesai menjalani masa pembinaan ada perubahan positif, seperti memiliki kemampuan membaca Al-Qur'an, hafiz, literasi, dan lain sebagainya. Hal tersebut tentunya menjadikan kebahagiaan tersendiri karena merupakan tindakan nyata mendukung Anak LPKA Kutoarjo," jelas mantan Kepala LPKA Bengkulu ini.

Ketua Lembaga Kebudayaan PDA Purworejo, Murni Rahayu, mengatakan kerja sama dengan LPKA Kutoarjo sebenarnya sudah lama terjalin, namun sempat vakum beberapa tahun terakhir. Ada beberapa alasan mengapa PDA Purworejo mengadakan lomba baca puisi bagi Anak, yaitu ingin menjalin silaturahmi dan koordinasi yang baik dari segi sosial, budaya, agama dan kesehatan; meningkatkan kemampuan dan menggali bakat dan potensi Anak terhadap karya sastra; serta menggali rasa percaya diri.

“Percaya diri harus dilatih karena tidak bisa muncul secara tiba-tiba. Kami juga harap Anak LPKA Kutoarjo cinta akan karya budaya bangsa,” harapnya.

Sementara itu, Ketua PDM Purworejo, H. Pudjiono, menyampaikan ada tiga manfaat silaturahmi, yaitu menambah rezeki, panjang umur, dan Allah SWT mengampuni dosa hamba-hamba-Nya yang suka bersilaturahmi. "Apa yang telah dilakukan Anak di masa lalu, jadikanlah sebagai pil pahit untuk pembelajaran," pesannya.

Ia mencontohkan ulat terlihat menjijikkan, tetapi setelah melalui proses metamorfosis jadi kepompong dan akhirnya menjadi kupu-kupu cantik, bermanfaat membantu penyerbukan bunga tanaman. “Itulah hakikat kita hidup," sambung Pudjiono.

Kegiatan lomba baca puisi diikuti Anak LPKA dengan materi puisi yang telah disediakan dan dibagikan panitia. Berdasarkan hasil penilaian juri internal dari PD Aisyiyah Purworejo, diperoleh tiga Anak yang meraih nilai tinggi, yakni juara 1, 2 dan 3 dengan masing-masing mendapatkan sertifikat dan uang pembinaan dari PDA Kabupaten Purworejo. (IR)

 

 

Kontributor: LPKA Kutoarjo

What's Your Reaction?

like
1
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0