2022 Tahun Istimewa, Tahun Kebangkitan Penguatan Kelembagaan Pemasyarakatan

2022 Tahun Istimewa, Tahun Kebangkitan Penguatan Kelembagaan Pemasyarakatan

Jakarta, INFO_PAS - Sekretaris Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Sesditjenpas), Heni Yuwono, menegaskan Pemasyarakatan siap menyongsong tahun 2023 dengan optimistis. "Evaluasi Capaian Kinerja Tahun 2022 menjadi modal sekaligus rekomendasi perbaikan kinerja untuk sambut tahun 2023," ujarnya dalam penutupan Rapat Koordinasi Evaluasi Kinerja Pemasyarakatan Tahun 2022, Selasa (6/12).

Ia juga mengatakan tahun 2022 merupakan tahun yang istimewa bagi Pemasyarakatan karena pemerintah telah mengesahkan sekaligus mengundangkan Undang-Undang Republik Indonesia No. 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan yang telah disusun dan diperjuangkan sejak lama. "Undang-undang Pemasyarakatan menjadikan institusi Pemasyarakatan kuat secara kelembagaan," ucap Heni.

Menurutnya, hal tersebut mempertegas posisi dan kedudukan Pemasyarakatan sebagai bagian vital dari sistem peradilan pidana Indonesia. Dengan bekal itu, Sesditjenpas mengajak jajaran Pemasyarakatan untuk mendukung dan ikut menjaga penguatan kelembagaan yang telah terbangun hingga saat ini dengan berkinerja baik sesuai strategi dan skala prioritas yang telah ditetapkan.

Lebih lanjut, Heni mengingatkan terwujudnya kekuatan kelembagaan Pemasyarakatan saat ini tidak terlepas dari instruksi Direktur Jenderal Pemasyarakatan tentang penerapan Tiga Kunci Pemasyarakatan Maju plus Back to Basics sebagai pelaksanaan standar penyelenggaraan Pemasyarakatan se-Indonesia. "Tingkatkan kinerja dengan tetap berpegang teguh pada pelaksanaan 3+1, yakni Tiga Kunci Pemasyarakatan Maju plus Back to Basics Pemasyarakatan disesuaikan dengan pengaplikasian Undang-Undang Republik Indonesia No. 22 Tahun 2022 tentang Pemasyarakatan," pinta Heni.

Akhir kesempatan, ia berpesan kepada jajaran Pemasyarakatan se-Indonesia untuk sama-sama menjaga citra dan marwah Pemasyarakatan dengan terus meningkatkan kinerja serta tetap berkomunikasi untuk saling kontrol mengingatkan dalam hal yang baik demi kemajuan Pemasyarakatan. (NH)

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0