23 Narapidana Lapas Ambon Kembali Bebas Asimilasi

23 Narapidana Lapas Ambon Kembali Bebas Asimilasi

Ambon, INFO_PAS - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Ambon kembali mengeluarkan narapidana Asimilasi di rumah, Senin (24/8). Kali ini, narapidana yang dikeluarkan untuk melaksanakan asimilasi di rumah sebanyak 23 orang.

Pengeluaran ini berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI No. MHH-19.PK.01.04.04 Tahun 2020 tentang Pengeluaran dan Pembebasan Narapidana dan Anak Melalui Asimilasi dan Integrasi dalam rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran Coronavirus disease.

Kepala Lapas (Kalapas) Ambon, Saiful Sahri, menekankan kepada para keluarga narapidana agar tetap memastikan mereka tidak mengulangi perbuatan mereka di luar. “Kepada bapak dan ibu, baik isteri, anak, maupun orangtua, kami titip mereka untuk tidak mengulangi perbuatannya setelah keluar. Apabila mereka kembali melakukan perbuatannya, hak mereka bisa dicabut kembali,” tegas Saiful.

Saat menjalani masa asimilasi, narapidana agar tetap di rumah dan tak boleh meninggalkan daerah. “Nantinya fungsi pengawasan langsung dilakukan Balai Pemasyarakatan (Bapas) Ambon maupun jaksa. Dengan begitu, narapidana tetap diharapkan di rumah sesuai mekanisme dalam masa asimilasi,” tambah Saiful.

Pada kesempatan tersebut, eks Kalapas Piru ini juga menegaskan pengeluaran narapidana dilaksanakan tanpa biaya alias gratis. “Jika memenuhi syarat, yaitu 2/3 masa pidananya tidak melebihi 31 Desember 2020, Insyaallah akan kami keluarkan tanpa biaya apa pun,” tegasnya.

Pengeluaran tersebut turut dihadiri Kepala Bapas Ambon beserta para Pembimbing Kemasyarakatan (PK). Sebelumnya, narapidana dimintai data diri sebagai dokumen pendukung dalam proses pengawasan PK selama menjalani asimilasi di rumah. Hingga saat ini, jumlah narapidana Lapas Ambon yang menjalani asimilasi di rumah adalah 129 orang.

 

 

Kontributor: Arwin R.

 

What's Your Reaction?

like
0
dislike
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0